Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersama PT Pertamina Patra Niaga melakukan kunjungan ke sejumlah SPBU dan fasilitas layanan di Rest Area KM 57 pada Rabu, 24 Desember 2025. Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya kolaboratif untuk memastikan kenyamanan masyarakat selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Dalam kegiatan tersebut, YLKI dan Pertamina Patra Niaga melaksanakan rangkaian uji tera alat ukur BBM, menyapa pelanggan, memberikan bingkisan apresiasi kepada operator SPBU, serta mengecek kesiapan fasilitas Serambi MyPertamina.
Klik mureks.co.id untuk tahu artikel menarik lainnya!
Tanggung Jawab Korporasi dan Inovasi Layanan
Ketua YLKI, Niti Emiliana, memberikan tanggapan positif terhadap layanan yang telah disiapkan oleh Pertamina Patra Niaga menjelang periode libur akhir tahun. “Langkah yang dilakukan Pertamina Patra Niaga menjelang periode Natal dan Tahun Baru merupakan bentuk tanggung jawab korporasi dalam memastikan konsumen mendapatkan produk sesuai standar, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Melihat kebutuhan konsumen yang semakin beragam, Pertamina menghadirkan berbagai inovasi untuk mendukung kenyamanan, keamanan berkendara, serta kemudahan dalam mengakses produk dan layanan energi,” ujar Niti.
Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, menjelaskan bahwa untuk mendukung kelancaran Natal 2025 dan Tahun Baru 2026, pihaknya telah membentuk dan mengoperasikan Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru. Satgas ini akan beroperasi hingga 11 Januari 2026 dengan tugas utama memastikan ketersediaan dan kelancaran distribusi BBM, LPG, dan Avtur di tengah peningkatan mobilitas masyarakat.
“Selama periode Natal dan Tahun Baru, kami hadir dengan semangat Melayani Sepenuh Hati. Satgas Pertamina Patra Niaga bertugas 24 jam, termasuk di hari libur dan pergantian tahun, untuk memastikan masyarakat merasa aman, nyaman, dan ditemani selama perjalanan liburannya,” tegas Mars Ega.
Penguatan Infrastruktur dan Layanan Tambahan
Untuk mendukung kelancaran distribusi energi, Pertamina Patra Niaga menyiagakan seluruh infrastruktur energi nasional yang meliputi:
- 7.885 SPBU
- 6.777 Pertashop
- 6.634 Agen LPG
- 736 SPBE
- 223 Agen Minyak Tanah di seluruh Indonesia
Distribusi energi difokuskan pada jalur tol, jalur wisata, jalur lintas utama, bandara, dan pelabuhan. Penyaluran juga disiapkan secara adaptif melalui jalur darat, laut, dan udara apabila terjadi kondisi darurat atau gangguan akses.
Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan penguatan layanan berupa:
- 1.866 SPBU 24 Jam
- 6.231 Agen LPG Siaga
- 210 unit mobil tangki siaga
- 70 unit modular dan 45 unit Layanan BBM & Kiosk Pertamina Siaga di 53 titik strategis
Guna menambah kenyamanan masyarakat, berbagai layanan tambahan juga dihadirkan, antara lain 188 unit Layanan Motoris BBM untuk kondisi darurat di jalur macet, 1.819 outlet PDS Bright Gas, serta 34 titik Serambi MyPertamina yang tersebar di jalur tol, jalur wisata, bandara, dan pelabuhan. Di sejumlah lokasi Serambi MyPertamina juga tersedia ambulans, porter gratis di bandara, hingga layanan pendukung seperti mobil towing.
Serambi MyPertamina: Ruang Singgah Gratis dengan Fasilitas Lengkap
Serambi MyPertamina menjadi ruang singgah gratis bagi masyarakat dengan berbagai fasilitas, seperti area istirahat, kursi pijat, layanan medis, nursery, area bermain anak, barbershop, hingga Bright Beauty Bar. Akses layanan ini dapat dinikmati masyarakat dengan menunjukkan digital paspor aplikasi MyPertamina.
Salah satu pengunjung Serambi MyPertamina di Rest Area KM 57, Ari, yang tengah melakukan perjalanan bersama keluarga, mengaku sangat terbantu dengan fasilitas yang tersedia. “Saya sempat mencoba kursi pijat, itu benar-benar membantu setelah lelah menyetir. Waktu istirahat juga bisa dinikmati oleh anak-anak dengan adanya fasilitas playground,” ungkap Ari. Dia pun merekomendasikan para pemudik untuk singgah dan memanfaatkan fasilitas Serambi MyPertamina selama perjalanan.
Pertamina Patra Niaga juga mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, mengisi BBM sebelum memasuki jalur padat, serta melepas regulator tabung LPG apabila meninggalkan rumah dalam waktu lama. Masyarakat dapat memanfaatkan fitur Trip Planner pada aplikasi MyPertamina untuk merencanakan perjalanan, mengetahui lokasi SPBU, Serambi MyPertamina, dan layanan pendukung lainnya. Apabila membutuhkan bantuan, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 yang siaga 24 jam.
Melalui sinergi bersama YLKI dan berbagai pemangku kepentingan, Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan energi yang andal dan berorientasi pada kenyamanan masyarakat, sehingga momen libur Natal dan Tahun Baru dapat dinikmati dengan aman dan tenang.






