Tugas mandiri Modul 3 Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi guru kelas Madrasah Ibtidaiyah (MI) menjadi salah satu komponen krusial dalam upaya peningkatan kompetensi pendidik. Contoh tugas ini dapat menjadi panduan penting, khususnya bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diwajibkan menyelesaikan tugas secara mandiri.
Merujuk pada panduan yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, berikut adalah gagasan utama dari topik-topik dalam Modul Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang relevan untuk guru kelas MI:
Pantau terus artikel terbaru dan terupdate hanya di mureks.co.id!
1. Kurikulum sebagai Landasan Perangkat Pembelajaran
Topik pertama menegaskan kurikulum sebagai fondasi utama dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Kurikulum tidak hanya berisi materi pelajaran, melainkan juga mencakup visi, misi, strategi, dan tujuan satuan pendidikan yang harus selaras dengan Profil Pelajar Pancasila serta Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (PPRA).
Pemahaman mendalam guru terhadap komponen dan struktur Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) sangat esensial. Dari sinilah alur capaian siswa dan tujuan pembelajaran dirumuskan secara komprehensif.
2. Pengembangan Materi Ajar Berbasis Advanced Material
Pengembangan materi ajar yang mengadopsi pendekatan multiperspektif dan struktur pengetahuan menjadi fokus utama Topik 2. Guru dituntut untuk mengolah materi dengan pendekatan yang mampu menjawab pertanyaan fundamental seperti “mengapa, bagaimana, apa, serta untuk apa suatu materi dipelajari”.
Materi yang dikembangkan dengan basis advanced material ini diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara menyeluruh dan kritis, serta mampu mengaitkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari.
3. Sistem Pembelajaran yang Memiliki Sintak Jelas
Topik 3 membahas pengembangan metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran yang memiliki sintaks terstruktur. Ini merupakan bagian integral dari tugas mandiri modul 3.
Pendidik perlu memahami perbedaan esensial antara metode sebagai cara, strategi sebagai langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran, dan pendekatan sebagai kerangka besar. Penguasaan sintaks pembelajaran akan mempermudah guru dalam menyusun skenario dan modul pembelajaran yang selaras dengan capaian pembelajaran serta kompetensi dasar yang ingin dicapai.
4. Optimalisasi Media dan Teknologi Pembelajaran
Pentingnya pengembangan teknologi dan media pembelajaran yang inovatif serta kreatif menjadi inti pembahasan Topik 4. Guru didorong untuk tidak hanya mengandalkan media tradisional, tetapi juga mengembangkan media digital.
Media pembelajaran yang dikembangkan harus disesuaikan dengan karakteristik lingkungan sekolah atau madrasah, serta kebutuhan spesifik siswa.
5. Praktik Asesmen dan Evaluasi yang Holistik
Topik 5 dan 6 memperkenalkan pentingnya asesmen sumatif dan formatif yang terencana dengan baik. Tujuan utamanya adalah untuk memetakan capaian serta kebutuhan belajar peserta didik secara komprehensif.
Guru diwajibkan mampu menyusun instrumen asesmen yang reliabel, valid, dan sesuai dengan karakteristik siswa. Dengan demikian, evaluasi pembelajaran dapat memberikan gambaran yang akurat mengenai perkembangan peserta didik.
Demikianlah rangkuman contoh tugas mandiri Modul 3 Pengembangan Perangkat Pembelajaran guru kelas MI. Panduan ini diharapkan dapat mendukung para guru dalam mengembangkan kemampuan profesional mereka secara berkelanjutan.






