PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) mengalokasikan dana tunai sebesar Rp19,51 triliun untuk mendukung kebutuhan transaksi masyarakat selama periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). Kesiapan likuiditas ini dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan aktivitas transaksi yang diperkirakan terjadi selama 11 hari, mulai 22 Desember 2025 hingga 1 Januari 2026.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan, alokasi uang tunai tersebut difokuskan untuk pengisian jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Cash Recycle Machine (CRM), serta memastikan ketersediaan kas di seluruh outlet kantor cabang BNI. Hal ini bertujuan agar layanan transaksi tunai dapat berjalan optimal sepanjang periode libur akhir tahun.
Pantau terus artikel terbaru dan terupdate hanya di mureks.co.id!
“BNI menyiapkan kecukupan uang tunai di jaringan ATM serta memastikan kesiapan operasional layanan perbankan selama periode Natal dan Tahun Baru agar kebutuhan masyarakat tetap terlayani dengan baik,” kata Okki dalam siaran pers, Selasa (23/12/2025).
Meskipun demikian, BNI mencatat akan ada sejumlah outlet yang beroperasi secara terbatas. Sebanyak 27 outlet akan beroperasi terbatas pada 26 Desember 2025, dan 15 outlet lainnya pada 1 Januari 2026. Kedua jadwal operasional terbatas ini akan berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 waktu setempat.
Untuk memastikan kelancaran transaksi bagi masyarakat yang melakukan mudik dan aktivitas liburan, BNI juga mengoperasikan layanan perbankan terbatas. Layanan ini mencakup transaksi pembayaran BBM Pertamina, Bulog, transaksi pajak, serta setoran, penarikan, dan pemindahbukuan antar rekening BNI dengan nominal maksimal Rp25 juta, sesuai ketentuan yang berlaku.
Sebelumnya, BNI telah mengumumkan bahwa layanan Transaksi International Remittance (ITR) akan tetap berjalan normal pada tanggal 25, 26, dan 31 Desember 2025. Sementara itu, layanan Outward Telegraphic Remittance (OTR) akan mengikuti ketentuan hari libur yang berlaku.
Okki menegaskan, BNI berkomitmen untuk memastikan layanan kepada masyarakat tidak terhambat selama perayaan Natal dan libur menyambut tahun baru 2025-2026. Nasabah tetap dapat dengan mudah mengakses layanan perbankan digital serta jaringan ATM BNI yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Berbagai kanal digital BNI tetap dapat dimanfaatkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi non-tunai selama periode libur,” sambung Okki.






