Berita

KAI Umumkan Diskon Tiket Kereta 25% untuk Libur Akhir Tahun 2025

Advertisement

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan penawaran spesial akhir tahun berupa diskon tiket kereta api sebesar 25%. Promo ini berlaku untuk periode keberangkatan mulai 29 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026, memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin bepergian di masa libur akhir tahun.

Syarat dan Ketentuan Diskon Tiket KAI

Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi KAI (@kai121_), terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan oleh calon penumpang untuk mendapatkan tarif diskon ini:

Advertisement

Klik mureks.co.id untuk tahu artikel menarik lainnya!

  • Pembelian tiket dengan tarif diskon hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Access by KAI.
  • Periode pembelian tiket diskon berlangsung dari tanggal 25 hingga 31 Desember 2025.
  • Tarif diskon berlaku untuk keberangkatan pada tanggal 29 Desember 2025 sampai 4 Januari 2026.
  • Daftar jadwal dan kereta api yang termasuk dalam program diskon dapat dilihat secara lengkap melalui aplikasi Access by KAI.
  • Tarif diskon tidak berlaku untuk kereta api jenis Priority, Imperial, Panoramic, dan/atau kereta wisata lainnya.
  • Promo ini juga tidak berlaku untuk tarif khusus dan tidak dapat digabungkan dengan reduksi atau diskon lainnya.
  • Tiket yang telah dibeli dengan tarif diskon tetap dapat dibatalkan atau diubah jadwalnya, sesuai dengan aturan pembatalan dan perubahan jadwal yang berlaku di KAI.
  • Promo ini berlaku selama alokasi tiket dan tarif diskon masih tersedia.

Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Online

Bagi penumpang yang perlu melakukan pembatalan tiket kereta api secara daring, berikut adalah tahapan yang harus diikuti:

  • Pemohon pembatalan harus merupakan penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang datanya telah terdaftar pada aplikasi Access by KAI dan menggunakan akun Access by KAI milik pemohon.
  • Pembatalan tiket melalui Aplikasi Access by KAI dapat dilakukan paling lambat dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, dengan status kode booking “Paid”.
  • Apabila pembatalan dilakukan melewati batas waktu tersebut, proses pembatalan harus dilakukan di loket stasiun.
  • Untuk setiap pembatalan tiket, akan dikenakan bea sebesar 25% dari harga tiket, di luar biaya pemesanan.
  • Pengembalian dana pembatalan diperkirakan memakan waktu 7 hari kerja terhitung sejak pengajuan pembatalan dilakukan.
  • Pengembalian bea hanya dapat dilakukan melalui skema transfer bank atau E-Wallet.
  • Dana pengembalian dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang terdaftar dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Penting untuk memastikan nama dan nomor rekening bank yang diinput sesuai dengan data pada buku rekening bank.
  • Jika terjadi kesalahan dalam penginputan nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, sistem akan menolak proses pembatalan, dan penumpang diwajibkan melakukan pembatalan manual di loket stasiun yang telah ditentukan oleh perusahaan.
  • Apabila proses pengembalian bea tiket mengalami kegagalan transfer, penumpang akan menerima notifikasi melalui SMS dan email. Penumpang berhak mendapatkan bea tiket yang dibatalkan paling lama satu tahun sejak proses pembatalan dilakukan.
  • Jika dalam kurun waktu satu tahun bea pengambilan tiket tidak diambil, maka bea tersebut akan menjadi milik perusahaan.
  • Pembatalan secara online juga dimungkinkan untuk tiket yang dibeli melalui situs online selain aplikasi Access by KAI, dengan syarat kode booking dapat ditambahkan ke menu “Tambahkan Tiket” dan nama yang tertera di tiket terdaftar sebagai pengguna Access by KAI.
Advertisement
Mureks