Aplikasi Pelayanan Pengaduan Reserse resmi diluncurkan pada Jumat (12/12/2025), menawarkan empat keunggulan utama dibandingkan kanal pengaduan lainnya. Inisiatif ini bertujuan mempermudah masyarakat dalam melaporkan segala hal terkait reserse.
Empat Keunggulan Aplikasi Pengaduan Reserse
Karo Wassidik Bareskrim Polri, Brigjen Boy Rando Simanjuntak, menjelaskan bahwa keunggulan pertama adalah kemudahan akses. “Aplikasi Pelayanan Pengaduan Reserse mudah akses, kapan saja, oleh siapa saja dan di mana saja. Masyarakat cukup memindai barcode atau mengunjungi tautan aplikasi,” ujarnya usai peluncuran.
Keunggulan kedua adalah fitur komunikasi yang terintegrasi, interaktif, dan berkelanjutan. Melalui fitur chat dan telepon WhatsApp, pelapor dapat berkomunikasi langsung dengan petugas selama 24 jam. “Ini merupakan tindak lanjut arahan Kapolri agar petugas secara aktif menginformasikan perkembangan penanganan laporan kepada pelapor,” jelas Brigjen Boy.
Selanjutnya, keunggulan ketiga memungkinkan gelar perkara secara online melalui Zoom Meeting di dalam aplikasi. Hal ini memudahkan pelapor untuk berdiskusi langsung dengan penyidik tanpa terhalang jarak dan waktu. Keunggulan keempat adalah informasi perkembangan aduan yang disampaikan sesegera mungkin kepada pelapor melalui notifikasi aplikasi maupun WhatsApp. Pelapor juga dapat memantau status pengaduan secara mandiri.
Brigjen Boy Rando menambahkan bahwa pelayanan ini tidak hanya sebatas aplikasi, tetapi juga didukung oleh ruang pelayanan yang representatif dan petugas yang kompeten. “Para petugas pelayanan pengaduan memiliki keahlian khusus di bidang reserse, pengalaman penyidikan, serta dibekali kemampuan public speaking,” pungkasnya.
Terobosan ini sejalan dengan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto terkait pelayanan publik dan upaya akselerasi transformasi Polri menuju Presisi yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.






