Kisah Cerita Rakyat Asal Mula Dusun Tuah Negeri Musi Rawas, Si Kumbang Bantu Usir Belanda (2-Tamat)

oleh
oleh
Pengembaraan Si Kumbang asal mula nama Desa Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas untuk mencari jodoh akhirnya menemukan titik terang. Ilustrasi
Pengembaraan Si Kumbang asal mula nama Desa Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas untuk mencari jodoh akhirnya menemukan titik terang. Ilustrasi

Panglima Belanda pun menghentikan penyerangan dan disepanjang tepian sungai mereka melihat banyak sekali pisang ambon.

Sehingga mereka berpesta pora memakan pisang ambon sepuas-puasnya. Setelah itu mereka bersiap untuk melakukan gempuran kembali.

Baca Juga :Kisah Bujang Bekorong Menikah dengan Bidadari, Saat Mengembara Permaisuri Dibunuh, Hidup Kembali pada Malam Jumat

Namun sebelum mereka turun dan menyeberangi Sungai Musi dan Sungai Sungsang, melihat sepanjang sungai telah di kepung oleh api.

Mereka membatalkan serangan dan melapor kepada Ratu Belanda yaitu Ratu Yuliana. Mereka mengatakan bahwa Negeri Palimbangan tidak dapat digempur serang karena telah di kepung api yang dilakukan oleh Sunan.

Karena penasaran maka Ratu Yuliana datang ke Palimbangan untuk melihat langsung laporan disampaikan panglimanya.

Baca Juga :Sejarah Muara Beliti Musi Rawas, Ada Sebuah Keramat Kini Dijadikan Nama Pasar

Dari kejauhan Ratu Yuliana melihat sepanjang Sungai Musi dan Sungai Sungsang telah dikepung oleh api.

Lalu Ratu Yuliana menulis surat ditujukan pada Sunan, yang isinya bahwa pasukannya tidak akan menyerang Negeri Palimbangan karena telah dikepung oleh api.

Ratu Yuliana juga menyatakan akan menarik mundur pasukannya dari Kota Palimbangan. Sejak saat itu Negeri Kota Palimbangan terbebas dari Belanda. Setelah menerima surat dari Ratu Belanda Yuliana, sang Sunan memanggil Tuah Negeri (Si Kumbang ) untuk menghadap.

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS