Kisah Cerita Rakyat Asal Mula Dusun Tuah Negeri Musi Rawas, Si Kumbang Bantu Usir Belanda (2-Tamat)

oleh
oleh
Pengembaraan Si Kumbang asal mula nama Desa Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas untuk mencari jodoh akhirnya menemukan titik terang. Ilustrasi
Pengembaraan Si Kumbang asal mula nama Desa Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas untuk mencari jodoh akhirnya menemukan titik terang. Ilustrasi

MUREKS.CO.ID – Pengembaraan Si Kumbang asal mula nama Desa Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas untuk mencari jodoh akhirnya menemukan titik terang.

Si Kumbang akhirnya bertemu dengan dua orang perempuan lalu menyapanya dengan salam. Lantas Si Kumbang bertanya kepada perempuan tadi kemana Mamang sampai-sampai bibi dan adik mengatap rumah sendiri.

Perempuan tua tadi lentas menjawab pertanyaan Si Kumbang, kalau Mamang atau suaminya sudah mati.

Baca Juga :Asal Mula Dusun Lakitan Musi Rawas, Dari Perang Suku, Muncul Kalimat Laki Tahan, Berikut Kisahnya

Perempuan itu menjelaskan hanya tinggal berdua dengan anaknya. Semua kerabatnya sibuk tidak bisa dimintai tolong memperbaiki atap.

Si Kumbang mendengar penjelasan kedua perempuan tersebut ibah hatinya untuk menolong.

Tanpa terasa atap rumah selesai, kedua perempuan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Si Kumbang, dan mengajak Si Kumbang untuk makan bersama.

Pada saat makan bersama perempuan tersebut bertanya kepada Si Kumbang, siapa? Dari dusun mana? Mau kemana?.

Baca Juga :Kejari Lubuklinggau Bidik 3 Kasus Korupsi di Musi Rawas, 1 Naik Penyidikan, Siapa Tersangkanya?

Pertanyaan tersebut sudah diduga Si Kumbang, dan menjawab apa adanya. Namaku Si Kumbang, aku daru Dusun Rejang Sawa Lebong, dan tujuanku ke dusun kaklah untuk mencari sesuap nasi.

Si Kumbang bertanya, Bibik siapa ? Aku Maryam dan ini anakku Siti. Lakikulah mati namanya Lebe. Si Kumbang manggut-manggut pertanda mengerti dengan keadaan kedua perempuan yang ada di hadapannya.

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS