Liga 1 RANS vs PSS – Berburu 3 Poin Perdana

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Laga RANS vs PSS dalam jadwal Liga 1 pekan ini menjanjikan pertarungan seru antara 2 tim yang sedang butuh kemenangan. Sesuai jadwal live TV Indosiar, laga RANS vs PSS di Stadion Pakansari, Bogor, bisa disaksikan pada Jumat (29/7) mulai pukul 20.30 WIB.

Kedua tim sama-sama gagal menang di pekan pertama. PSS di kandang sendiri harus mengakui keunggulan PSM Makassar 1-2. Hasil itu membuat PSS berada di papan bawah selama sepekan ini. Hasil yang diraih RANS sedikit lebih baik. Sebagai tim promosi, mereka mampu menunjukkan daya juang ketika menahan imbang PSIS Semarang 1-1 di kandang lawan.

BACA JUGA : Hasil Liga 1 2022 Pekan Pertama: Tim-tim ‘Tradisional’ Kesulitan

* Prediksi
Bermain di kandang sendiri memberi rasa antusiasme tinggi bagi skuad RANS. Hasil positif di laga pembuka juga membuka asa tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut untuk memetik kemenangan perdana mereka di Liga 1 musim ini.

Antusiasme itu tak hanya menjangkiti anggota tim RANS. Chairman RANS, Raffi Ahmad, mengaku tidak sabar menanti laga klubnya melawan PSS.

“Harapannya semoga semua berjalan lancar. Pertandingan bisa menghibur seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Bogor,” ucap Raffi.

Sementara itu, PSS berangkat ke Bogor tidak dengan kekuatan terbaiknya. Dikabarkan ada empat pemain PSS yang harus absen karena cedera. Keempat pemain itu adalah Kim Jeffrey Kurniawan, Saddam Emirudin Gaffar, Ibrahim Sanjaya, dan Bagus Nirwanto. Tiga nama pertama menderita cedera sudah cukup lama. Adapun Bagus terkena cedera dalam sesi latihan pekan ini.

BACA JUGA : Bima Sakti Sudah Punya Kerangka ke Piala AFF U-16

Menurut manajer PSS, Dewanto Rahadmoyo, timnya bertandang ke Stadion Pakansari dengan 21 pemain. Dalam tim itu juga terdapat semua pemain anyar PSS. Saat menjamu PSM pada pekan perdana Liga 1 kemarin, permainan PSS sebenarnya tidak terlalu buruk. Meskipun kalah 1-2, tim berjuluk Super Elang Jawa itu sempat mengendalikan permainan.

Skuad asuhan Seto Nurdiantoro berhasil menguasai lapangan dengan penguasaan bola 64 persen dan 312 umpan sukses.

Sebaliknya, tim tamu hanya memiliki penguasaan bola 36 persen, dengan umpan sukses 171 kali. Para pemain PSS juga melepaskan total 19 tembakan (7 mengarah ke gawang), jauh lebih banyak daripada PSM yang melakukan 11 tembakan (3 tepat sasaran). Hanya saja, intensitas serangan PSS belum dibarengi dengan kualitas penyelesaian akhir. Di sisi lain, PSM sukses menerapkan skema pertahanan yang kokoh.

BACA JUGA : Liga 2: Kick-off Semakin Dekat, Sriwijaya FC Masih Belum Punya Kandang

Hasil laga itu menunjukkan bahwa PSS perlu lebih mempertajam lini serangnya jika ingin meraup angka dari kandang lawan pada pekan ini. Performa RANS saat bermain imbang 1-1 melawan PSIS di Semarang menjadi bukti, tim debutan tersebut bukan skuad kacangan.

*Player to Watch
Makan Konate (Rans Nusantara FC)

Gabung Rans Nusantara FC merupakan sebuah kejutan bagi Makan Konate, karena ia masih terikat kontrak dengan Persija dan sempat latihan di bawah asuhan Thomas Doll. Namun, keputusan Persija merekrut Hanno Behrens membuat Konate akhirnya dilepas, bahkan belakangan menjadi berkah tersendiri bagi Rans FC.

Konate yang kini berusia 30 tahun tetap salah satu gelandang terbaik di Liga 1. Performa bisa menentukan hasil akhir dari klub yang dibelanya. Ketika Makan Konate bisa tampil lebih bagus versus PSS, Rans FC bisa lebih dekat dengan kemenangan. Setiap pergerakannya berpotensi ditempel gelandang bertahan lawan, Jihad Ayoub.

Ze Valente (PSS Sleman)
Ze Valente memang gagal menjalani debut di Indonesia dengan kemenangan. Namun, penampilannya melawan PSM Makassar mengundang pujian, terutama soal kontribusi bola kepada barisan depan. Performa menawan itu sejatinya bukan sebuah kejutan. Playmaker asal Portugal ini punya nama besar di liga kasta kedua negaranya. Musim lalu, Ze Valente bahkan mencatatkan 29 laga dalam semusim bersama Penafiel. Namun, Ze Valente tak bisa bekerja sendirian. Dia butuh dukungan dari rekan-rekannya, terutama untuk memaksimalkan umpan matangnya menjadi gol.

*Perkiraan Pemain :
Absennya 4 pemain PSS seharusnya tidak membuat Seto Nurdiantoro cemas. Namun, dengan tak adanya Bagus Nirwanto, sang pelatih kemungkinan akan sedikit mengubah strategi. Di laga kontra PSM, Bagus menjadi komponen penting tim, dengan 3 kali intersep serta tiga sapuan sukses. RANS dikabarkan bisa turun dengan kekuatan terbaik. Makan Konate sekali lagi menjadi harapan RANS di laga ini. Demikian juga dengan Ady Setiawan, David Laly, dan Edo Febriansyah.

RANS Nusantara:
Hilman Syah; Ady Setiawan, OK John, Victor Sallinas, Edo Febriansyah; Muhammad Fadilla Akbar, Mitsuru Maruoka; Makan Konate, Alfin Tuasalamony, David Laly; Septian Bagaskara. Pelatih: Rahmad Darmawan

PSS Sleman: Muhammad Ridwan; Marckho Meraudje, Tallysson Duarte, Dedy Gusmawan, Syaiful Ramadhan; Jihad Ayoub, Dave Mustaine; Ze Valente, Todd Ferre, Irkham Zahrul Mila; Mychell Chagas. Pelatih: Seto Nurdiantoro. (jpn/net/*)