Kiprah merek mobil premium asal Jerman, Audi, di pasar otomotif Indonesia menunjukkan tren yang kurang menggembirakan. Sepanjang periode Januari hingga November 2025, Audi hanya berhasil menjual 14 unit mobil secara retail, jauh tertinggal dari para kompetitornya di segmen yang sama.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan bulanan Audi cenderung stagnan di angka satu hingga dua unit. Bahkan, pada Juli 2025, merek yang berada di bawah naungan Indomobil Group ini tidak mencatatkan penjualan sama sekali.
Simak artikel informatif lainnya hanya di mureks.co.id.
Tertinggal Jauh dari Kompetitor
Angka penjualan Audi sangat kontras jika dibandingkan dengan rival utamanya. BMW, misalnya, berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 2.143 unit dalam periode yang sama. Penjualan bulanan BMW stabil di kisaran 200 hingga 300-an unit.
Sementara itu, Mercedes-Benz juga menunjukkan performa yang lebih baik. Meskipun berada di bawah BMW, Mercedes-Benz mampu mengirimkan 1.170 unit mobil ke konsumen hingga November 2025. Penjualan terendah Mercedes-Benz terjadi pada Januari dengan 62 unit, namun setelah itu angkanya konsisten di kisaran 70 hingga 100-an unit setiap bulan.
Strategi dan Tantangan di Pasar Otomotif
Menghadapi persaingan yang semakin ketat, terutama menjelang tahun 2026, Audi perlu merumuskan strategi baru untuk mempertahankan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Salah satu langkah yang dikabarkan akan diambil adalah memboyong mobil listrik E-Tron.
Langkah ini menjadi krusial mengingat para kompetitor seperti BMW dan Mercedes-Benz telah lebih dulu menghadirkan beberapa model mobil listrik untuk konsumen di segmen premium.
Saat ini, Audi mengandalkan beberapa model SUV dan sedan di Indonesia. Berdasarkan laman resminya, model yang ditawarkan meliputi A4, A4 sedan, A6 sedan, Q3 RS 4 Avant, Q3 Sportback, Q5, Q5 Sportback TFSI e, Q7, Q8, A5 sedan, dan A8 sedan.
Dari segi harga, Audi menawarkan mobil dengan banderol di kisaran Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar ke atas. Rentang harga ini serupa dengan rival terdekatnya, BMW. Namun, BMW memiliki variasi model yang lebih banyak dan turut menghadirkan beberapa model di bawah Rp 1 miliar.
Strategi BMW untuk menyasar konsumen generasi muda dengan model di bawah Rp 1 miliar, seperti 218 Gran Coupe M Sport rakitan lokal seharga Rp 918 juta off the road dan BMW X1 sDrive18 xLine di angka Rp 927 jutaan, tampaknya berkontribusi pada angka penjualan mereka di dalam negeri.
Rapor Penjualan Audi di Indonesia Sepanjang 2025 (Retail)
| Bulan | Unit Terjual |
|---|---|
| Januari | 1 |
| Februari | 2 |
| Maret | 2 |
| April | 2 |
| Mei | 1 |
| Juni | 1 |
| Juli | 0 |
| Agustus | 1 |
| September | 1 |
| Oktober | 2 |
| November | 1 |
| Total | 14 |





