PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat lonjakan signifikan jumlah pelanggan selama periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Sebanyak 1.760.221 pelanggan kereta api jarak jauh dan lokal telah dilayani KAI sepanjang 18-25 Desember 2025.
Tren peningkatan jumlah penumpang terlihat jelas menjelang libur Nataru. Pada 18 Desember, tercatat 157.301 pelanggan, kemudian naik menjadi 202.369 penumpang pada 19 Desember, dan menembus 209.925 pelanggan pada 20 Desember. Peningkatan terus berlanjut pada 21 Desember dengan 223.654 penumpang, lalu 227.134 pelanggan pada 22 Desember, dan mencapai 233.671 pelanggan pada 23 Desember.
Dapatkan berita menarik lainnya di mureks.co.id.
Puncak pergerakan penumpang terjadi pada 24 Desember dengan total 259.333 pelanggan. Sementara pada 25 Desember, jumlah pelanggan tetap tinggi sebanyak 246.834. Untuk 26 Desember 2025, KAI memperkirakan jumlah pelanggan kereta api jarak jauh dan lokal mencapai 194.211 lebih, berdasarkan data pemesanan hingga pukul 08.00 WIB.
Vice President Corporate Communication KAI, Anne Purba, menyatakan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah. Menurutnya, capaian ini menunjukkan konsistensi pergerakan masyarakat selama periode Nataru.
“Selama masa Nataru, KAI menjaga kelancaran mobilitas masyarakat melalui layanan yang andal, kapasitas yang memadai, serta konektivitas antardaerah yang mendukung perjalanan libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Anne dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (27/12/2025).
Advertisement
Anne menjelaskan, KAI telah mengidentifikasi 10 kereta api yang menjadi pilihan utama pelanggan, menghubungkan pusat-pusat aktivitas dan wilayah strategis. Relasi-relasi ini berperan penting dalam memperlancar perjalanan lintas wilayah, termasuk menuju kampung halaman dan daerah tujuan wisata.
Berdasarkan Laporan Penjualan Tiket Nataru Nasional per 26 Desember 2025 pukul 08.00 WIB, penjualan tiket kereta api untuk periode 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 telah mencapai 3.106.102 tiket dari total 3.506.104 tempat duduk yang disediakan. Rinciannya, penjualan tiket kereta api jarak jauh mencapai 2.640.479 tiket (95,6% dari kapasitas 2.761.048 tempat duduk), sementara penjualan tiket kereta api lokal mencapai 465.623 tiket (62,5% dari kapasitas 745.056 tempat duduk).
KAI juga memberikan diskon tarif 30% selama masa Nataru, berlaku pada 22 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026, untuk 1.509.080 tempat duduk yang disiapkan bagi KA Komersial kelas ekonomi. Selain itu, tersedia diskon 25% untuk layanan kereta api jarak jauh berbagai kelas untuk keberangkatan 29 Desember 2025 sampai dengan 4 Januari 2026.
“KAI mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI agar memperoleh pilihan jadwal, rute, dan layanan yang sesuai selama periode Natal dan Tahun Baru,” imbuh Anne.
10 Kereta dengan Penumpang Terbanyak:
- KA 272 Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi: 33.708 pelanggan
- KA 271 Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasarsenen: 33.157 pelanggan
- KA 187 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan-Semarang Tawang: 31.021 pelanggan
- KA 193 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan-Solo Balapan: 28.074 pelanggan
- KA 278 Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang: 25.803 pelanggan
- KA 277 Sri Tanjung relasi Ketapang-Lempuyangan: 25.007 pelanggan
- KA 274 Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar: 24.483 pelanggan
- KA 273 Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong: 24.023 pelanggan
- KA 251 Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasarsenen: 23.784 pelanggan
- KA S7 Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang: 23.136 pelanggan






