Usai Tak Wajib Skripsi, Beban SKS Berkurang, Kata Mendikbudristek Nadiem Tidak Relevan

oleh
oleh

Aturan itu nanti dikhususkan untuk mata kuliah yang berbentuk kegiatan di luar kelas. Misalnya, kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bermitra dengan industri dengan bentuk pelatihan tertentu dalam satu semester.

Sebelumnya, perubahan standar kompetensi kelulusan lebih dulu dipaparkan. Menurut Mendikbudristek Nadiem, menjadikan skripsi hingga disertasi sebagai satu-satunya cara menunjukkan kompetensi tidak relevan lagi di zaman sekarang. Apalagi untuk pendidikan vokasi.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ahmad Tholabi Kharlie menyambut baik terbitnya Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

BACA JUGA : Gawat, Pria di OKU Timur Dipenjara karena Bercocok Tanam di Pot

Pekerjaan rumah yang harus dilakukan saat ini adalah segera merumuskan standar pendidikan di level perguruan tinggi serta pedoman teknis lainnya. Misalnya, soal lulus sarjana tidak harus menulis skripsi.

Kemudian, tidak ada kewajiban publikasi tugas akhir bagi program doktor dan magister. ”Ketentuan itu harus dirumuskan lebih detail dan implementatif di lapangan dengan tanpa mengurangi mutu yang dihasilkan,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah perguruan tinggi di Surabaya telah memulai lebih awal terkait perluasan opsi tugas akhir selain hanya skripsi.

BACA JUGA : Dampak Minyak Internasional, Harga Karet Sumsel Naik Kok Bisa 30 Persen Rp6 Ribuan

Sebut saja Universitas Airlangga, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Kristen Petra Surabaya, dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan, tugas akhir (TA) bukan hanya skripsi, tetapi bisa juga karya-karya yang lain. Unair sudah lima tahun mengimplementasikannya.

Mahasiswa yang juara dalam pengabdian masyarakat (pengmas), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas), dan karya lainnya tidak lagi harus menggunakan skripsi.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS