Sejarah Keramat Moneng Tekending di Musi Rawas, Asal Mula Desa Muara Kati, Begini Ceritanya

oleh
oleh
Keramat Moneng Tekending memiliki sejarah tersendiri menurut cerita rakyat Kabupaten Musi Rawas berada di seberang Sungai Beliti
Tangga rumah pangeran di Desa MUara Kati Kecamatan TPK Kabupaten Musi Rawas.

MUREKS.CO.ID – Keramat Moneng Tekending memiliki sejarah tersendiri menurut cerita rakyat Kabupaten Musi Rawas.  Keramat tersebut berada di seberang Sungai Beliti di Desa Muara Kati Kecamatan TPK Kabupaten Musi Rawas .

Masyarakat menganggap Makam Moneng Tekending ini Keramat. Sebab apabila ada orang yang bermunajat atau memohon bantuan berdoa di atas makamnya, dengan seizin Allah SWT akan terkabul.

Baca Juga :Kisah Bujang Bekorong, Cerita Rakyat dari Muara Kati Musi Rawas, Bertemu Bidadari Turun dari Khayangan

Keramat Moneng Tekending merupakan makam Raden Jepa yang dijuluki masyarakat Desa Muara Kati, Kecamatan TPK Kabupaten Musi Rawas dengan nama Moneng Tekending.

Raden Jepa konon menurut cerita merupakan perantau asal Rejag Lebong yang merantau ke daerah Muara Kati untuk mencari peruntungan di negeri orang.

Raden Jepa ini mempunyai kesaktian yang luar biasa, baik dan sangat sederhana mempunyai sopan santun.

Baca Juga :Kisah Bujang Bekorong, Cerita Rakyat dari Muara Kati Musi Rawas, Mengembara Mencari Jodoh Bidadri

Sehingga penduduk Dusun Kutetanah dan Dusun Tekending (cikal bakal Desa Muara Kati Lama) menerimanya dengan baik di dusun mereka.

Dikutip dari buku Sejarah, Legenda dan Cerita Rakyat Kabupaten Musi Rawas, Raden Jepa menikah dengan gadis dari Dusun Tekending.

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS