Ini yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menamam Buah Melon Dalam Polybag

oleh
oleh
Budidaya tanaman Melon tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Buah Melon ternyata bisa dikembangkan di media tanah dalam Polybag atau Pot.
Budidaya tanaman Melon tidak harus membutuhkan lahan yang luas. Buah Melon ternyata bisa dikembangkan di media tanah dalam Polybag atau Pot.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam Melon dalam Polybag atau Pot untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pertama, media tanam dalam Polybag atau Pot cenderung mudah padat, sedangkan tanaman melon menghendaki media yang gembur.

Kedua, gunakan komposisi media tanam yang pas agar tanaman melon bisa tumbuh optimal.

Ketiga, tanaman melon membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari, minimal 8 jam sehari. Oleh sebab itu hindari meletakkan Polybag atau Pos pada tempat yang ternanungi.

Baca Juga :Tanaman Gambir Sebagai Indikasi Geografis Muba

Keempat, hindari menggunakan wadah atau Polybag serta Pot yang berukuran kecil karena tanaman melon memiliki perakaran panjang dan banyak.

Kelima, gunakan media tanam yang mampu memberikan asupan nutrisi bagi tanaman. Sebab tanaman melon membutuhkan media tanam yang subur dan mengandung banyak unsur hara.

Ketujuh, siram tanaman seperlunya dan kondisikan media tanam selalu dalam keadaan lembab tetapi jangan sampai kelebihan air. Karena tanaman melon sangat membutuhkan air, tetapi tidak menyukai media yang terlalu basah atau becek.

Baca Juga :Produksi Panen Padi di Musi Rawas Terancam Berkurang, Penyebabnya Pemilik Lahan Mencoba Berinovasi

Selain itu  sebelum menanam melon dalam Polybag, ada beberapa hal lagi yang perlu kita perhatikan.

1. PH ideal tanaman melon adalah 6-7 dan ukur media tanam menggunakan pH meter.

2. Jika pH dibawah 6 tambahkan kapur dolomit dan campurkan merata dengan media tanam.

YUK GABUNG DAN BACA JUGA DI GOOLGE NEWS