Yuk Disimak, Berikut Budidaya Tanaman Kopi Agar Panen Berlimpah

oleh
oleh
Tidak semua orang tahu cara budidaya tanaman kopi agar menghasilkan panen yang berlimpah. Padahal caranya cukup gampang.
Tidak semua orang tahu cara budidaya tanaman kopi agar menghasilkan panen yang berlimpah. Padahal caranya cukup gampang.

MUREKS.CO.ID – Sebagian besar penikmat Kopi biasanya meminumnya setiap pagi. Tapi tidak semua orang tahu cara budidaya tanaman kopi agar menghasilkan panen yang berlimpah.

Tanaman Kopi merupakan komoditas perkebunan yang paling banyak diperdagangkan. Kopi merupakan tanaman tahunan yang bisa mencapai umur produktif lebih kurang 20 tahun.

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya kopi. Diantranya jenis tanaman, teknik budidaya, penanganan pasca panen dan pemasaran produk akhir.

Baca Juga :Lebaran Idul Adha 1444 H Hingga Agustus 2023, Petani Bahagia Harga Kopi Naik Luar Biasa

Berikut ini tahapan budidaya tanaman Kopi agar menghasilkan panen berlimpah dikutip MUREKS.CO.ID dari laman pertanian.go.id.

1. Pemilihan jenis dan varietas.

Tanaman kopi sangat banyak jenisnya, bisa mencapai ribuan. Namun yang banyak dibudidayakan hanya empat jenis saja yakni arabika, robusta, liberika dan excelsa.

Masing-masing jenis tersebut memiliki sifat yang berbeda-beda. Memilih jenis tanaman untuk budidaya kopi, harus disesuaikan dengan tempat atau lokasi lahan.

Baca Juga :Harga Kopi Naik Rp35 Ribu Varian Robusta, Kabar Gembira Bagi Petani Penghasil Kopi Ternama

Lokasi lahan yang terletak di ketinggian lebih dari 800 meter dpl cocok untuk ditanami arabika. Sedangkan dari ketinggian 400-800 meter bisa ditanami robusta.

Budidaya kopi didataran rendah bisa mempertimbangkan jenis liberika atau excelsa. Selain dari sisi teknis budidaya, hal yang patut dipertimbangkan adalah harga jual produk akhir.

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS