Gubernur Herman Deru Perintahkan Bantuan Korban Banjir di Musi Rawas Diantar ke Rumah Warga

oleh
oleh
Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menegaskan, bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Musi Rawas harus diantarkan kepada para korban.
Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru memberikan bantuan kepada warga di Muara Kelingi Musi Rawas menggunakan perahu.

Menurut Herman Deru dari laporan yang diterimanya, setidaknya ada sekitar 2.258 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir tersebar di 29 desa di Musi Rawas. Tiga desa diantaranya di Kecamatan Muara Kelingi yang terendam cukup parah.

“Hari ini saya turun langsung meninjau banjir di Muara Kelingi untuk melihat langsung kondisi dan kesehatan warga, dan yang paling penting kita pastikan tidak ada korban jiwa, tegasnya.

Baca Juga : Kapolres Lubuklinggau: Yang Kita Amankan Bukan LSM tapi Pelaku Pemerasan

Herman Deru mengapresiasi atas kesigapan satgas dari BPBD dan Basarnas bersama dengan TNI/Polri dibantu warga yang langsung turun kelokasi banjir untuk mengevakuasi warga agar tidak terjadi dampak yang lebih parah.

“Kita akan mencari penyebabnya, hutan masih terjaga disini tapi kita akan cari penyebabnya dimana, atau memang karena faktor curah hujan yang sangat tinggi,” imbuhnya.

Lebih jauh Herman Deru memastikan untuk meminimalisir dampak yang akan timbul pasca banjir, Pemprov Sumsel bersama dengan Pemkab Musi Rawas dibackup PMI telah mendirikan posko kesehatan.

Baca Juga : Datang ke Babat Supat, Pj Bupati Apriyadi Bawa Kabar Menggembirakan

“Pemprov bersama dengan pemda dibantu PMI mendirikan posko kesehatan mengantisipasi dampak banjir seperti penyakit gatal-gatal, demam, ispa termasuk ambulance disiapkan untuk membantu balita dan manula yang membutuhkan pertolongan cepat,” tambahnya.

Terkait dengan kondisi infrastruktur, Herman Deru juga memastikan beberapa infrastruktur yang rusak akibat banjir akan diinventarisir untuk selanjutnya diperbaiki. Termasuk Signal telepon seluler diharapkannya tidak ada gangguan.

“Infrastruktur yang rusak tadi ada 4 jembatan gantung yang putus dan 2 masih perlu di inspeksi serta ada beberapa rumah yang ikut arus,” terangnya.

Semenbata itu Dadang (40) salah satu warga Kecamatan Muara Kelingi, mengaku sangat terharu atas kunjungan Gubernur Herman Deru meninjau warga yang terdampak banjir dan langsung merespon kebutuhan warga dengan memberikan bantuan.

Baca Juga : Andi Rusman Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

“Terima kasih pak Gubernur sudah datang langsung melihat kondisi kami disini. Terimakasih juga atas bantuannya,” ucapnya.

Menurut Dadang ketinggian air menggenangi rumahnya setinggi 3 meter mengakibatkan dirinya susah untuk beraktivitas. Sehingga sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah.(red)