2023 Muba Terget Zero Asap, Begini Jurus PJ Bupati Apriyadi

oleh
oleh
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel menargetkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin zero asap tahun 2023
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel menargetkan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin zero asap tahun 2023

Kemudian pada tahun 2020 93,53 hektar, tahun 2021 lahan 82,75 hektar, dan tahun 2022 lahan yang terbakar hanya 30,5 hektar.

“Disamping atas bantuan Allah SWT karena curah hujan yang cukup tinggi di dua tahun terakhir, ini juga berkat sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dan semua stakeholder terkai dalam penanggulangan Karhutbulah di Kabupaten Muba,” paparnya.

Baca Juga : Rp10 Juta, Security Pengadilan Negeri Gasak Isi ATM Milik Jaksa di Lubuklinggau

Silain partisipasi semua pihak, penguatan fasilitas penunjang penanggulangan bencana kebakaran. Seperti kendaraan damkar, mobil tangki motor trail modifikasi, mesin pompa, genset dan peralatan lainnya juga ditingkatkan Pemerintah Kabupaten Muba melalui perangkat daerah terkait.

“Kami juga mengingatkan kepada kawan-kawan perangkat daerah dan masyarakat Muba untuk kondisi cuaca yang sangat ekstrim saat ini, maka dimohon agar kita semua selalu siap siaga atas kemungkinan bencana yang akan terjadi,” tandasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Muba H Pathi Riduan SE ATD MM menuturkan dalam upaya antisipasi Karhutbulah telah dibentuk posko terpadu bersama TNI Polri, Manggala Agni dan Dinas Perkebunan di 10 kecamatan. Yakni Babat Supat, Babat Toman, Bayung Lencir, Batang Hari Leko, Keluang, Lais, Lalan, Sanga Desa, dan Kecamatan Sungai Keruh.

Baca Juga : Pengendara Motor Ditemukan di Atas Rel Kereta Api, Begini Kondisinya

Adapun strategi BPBD Muba dalam penanggulangan karhutla antara lain, patroli mandiri dan terpadu bersama TNI Polri dan stakeholder terkait lainnya. Kemudian sosialisasi penyebaran maklumat larangan membuka lahan dengan membakar.

Lalu melakukan pengawasan sarana prasarana karhutla pada perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan kehutanan. Serta kerjasama antara pemerintah daerah dengan Badan Restorasi Gambut dalam merestorasi Lahan Gambut di wilayah Muba. (rel)