Tak Perlu Diet, Olahraga Renang Ternyata Ampuh Turunkan Berat Badan

oleh
oleh
Untuk menurunkan berat badan, ternyata tidak harus melakukan diet. Ternyata  olahraga renang secara rutin bisa menurunkan berat badan seseorang
Ilustrasi.Net

MUREKS.CO.ID – Untuk menurunkan berat badan, ternyata tidak harus melakukan diet. Ternyata  olahraga renang secara rutin bisa menurunkan berat badan seseorang.  Hal ini disampaikan Epidemiolog Musi Rawas, Muhamad Nizar, Minggu  1 Januari 2023.

Sealin menurunkan berat badan, olahraga renang menurut Nizar bisa melancarkan peredaran darah, dan mengatasi gangguan susah tidur.

Namun menurut Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Musi Rawas ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berenang.

Baca Juga : Berikut 11 Kawasan Kumuh di Musi Rawas Sumatera Selatan, Terluas di Ibukota Kabupaten  

Sebab bila tidak memperhatikan standar kesehatan maka berenang malah menimbulkan gangguan kesehatan. Seperti berpotensi penularan penyakit seperti penyakit kulit, iritasi kulit, diare, polio dan berbagai penyakit menular melalui air sebagai medianya.

Berbagai sumber menerangkan bahwa setiap orang tersisa feses (kotoran manusia) sebanyak 0,14 Gram pada daerah anus. Ini berpotensi risiko penularan penyakit, karena mengandung bakteri Colli yang membahayakan kesehatan orang lain.

Oleh karena itu prosedur renang harus dipatuhi sehingga risiko tenggelam karena pakaian yang berat seperti jeans dihindari.

Baca Juga : Untung Hanya Kembang Api, Jika Petasan Wabup Kaur Lakukan Pelaggaran

“Pilih kolam renang yang sehat, sistem drainase air dan inspeksi kualitas air yang teratur dan terpasang prosedur renang, adanya tim pengawas terutama bagi anak-anak,”tambahnya.

Menurut Nizar, berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan RI Nomor 34 Tahun 2017 terdapat tujuh kriteria kolam renang yang layak.

Baca Juga : Dor… Jari Tangan Wakil Bupati Hancur Terkena Ledakan Kembang Api

Yakni fisik airnya bersih, tidak bau dan tidak ada benda/kotoran yang mengapung dan syarat kimia  dan mikrobiologi,  airnya berwarna biru langit,   tidak berbau,   tidak mengandung terlalu banyak kaporit,   nilai ph yang stabil,   memiliki sustem penjaringan yang baik, dan hitungan kesadahan minimal. (sin)