Sampai jumpa, Piala Presiden 2022. Selamat datang, Liga 1 2022!

oleh
oleh

JAKARTA, MUREKS.CO.ID- Perhelatan akbar Piala Presiden 2022 telah usai dan tuntas. Momen itu sekaligus menandai kompetisi resmi sepakbola Indonesia sudah siap untuk kembali normal.

Hasil Piala Preaiden 2022, Arema FC keluar sebagai juara Piala Presiden 2022 setelah mengalahkan Borneo FC. Duel ini berlangsung dua leg dan Singo Edan memimpin dengan agregat 1-0.

Piala Presiden adalah turnamen yang digelar sebagai pengganti pramusim para kontestan Liga 1. Momen ini juga sekaligus untuk melakukan uji coba kesiapan pertandingan dihadiri langsung oleh suporter.

BACA JUGA : Arema FC Juara Piala Presiden 2022

Pertandingan sepakbola di Indonesia sempat tidak bisa dihadiri penonton selama masa transisi untuk bangkit dari pandemi virus Corona. Piala Menpora 2021, yang pada tahun lalu menjadi turnamen pramusim, juga tidak dihadiri penonton.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bahkan menggelar BRI Liga 1 2021 tanpa kehadiran penonton. Format kompetisi juga dibuat per series di beberapa kota.

Pertama kali pertandingan sepakbola di Tanah Air bisa dihadiri penonton saat Indonesia menjamu Bangladesh pada awal Juni. Laga tersebut berlangsung di Bandung dengan PSSI sebagai penanggung jawabnya.

Piala Presiden 2022 kembali menegaskan kesiapan Indonesia menggelar Liga 1 2022 dengan adanya penonton. PSSI pada perhelatan pramusim ini bertindak sebagai penyelenggara dengan turut melibatkan orang-orang di PT LIB.

BACA JUGA : Mengulang Kejayaan 2013 • Indonesia Borong Tiga Gelar

Duel Persis Solo vs PSS Seleman di Stadion Manahan pada 11 Juni menjadi pembukanya. Jumlah penonton yang hadir sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion, seusai dari aturan pemerintah.

Selama lebih dari satu bulan penyelenggaraan, tak ada kabar terkait klaster virus Corona dari sepakbola. Hal itu tak lepas dari keharusan pemain mendapatkan vaksin booster, begitu juga dengan para penonton.

Memang masih ada beberapa hal yang harus dibenahi secara serius terkait perhelatan laga-laga besar untuk menatap Liga 1 2022. PT LIB sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh penyelenggara pertandingan.

“Semoga kami mampu menjalankan Liga 1 2022/2023 dengan baik, lancar, aman dan sukses seperti halnya Piala Presiden ini,” kata ketua umum PSSI Mochamad Iriawan, selepas penyerahan piala untuk Arema FC.

BACA JUGA : Juara Singapore Open 2022,  Leo/Daniel Start Dari Nol Lagi

Membangkitkan Gairah dan Ekonomi

Sepakbola kembali hidup lagi bersama Piala Presiden 2022. Koreo-koreo di tribune disajikan oleh seluruh para suporter untuk menyemangati tim kesayangannya bertanding.

Ada pula aksi suporter PSS Sleman yang membentangkan spanduk di markas Persis pada laga pembuka. Bunyi tulisan pada spanduk itu merujuk makna untuk izin memasuki “rumah” Persis Solo.

Kehadiran suporter ke stadion juga memberikan kebahagiaan bagi para pelaku ekonomi kecil menengah. Di kawasan stadion selalu ada pedagang yang menjual jersey sampai aneka makanan dan minuman.

Omset masing-masing pedagang pun sebagian besar mencapai jutaan rupiah. Lewat sepakbola, simbiosis mutualisme antarmanusia kembali hidup.

Hal ini akan kembali berlanjut pada perhelatan Liga 1 2022, yang mulai kick-off pada 23 Juli. Opening ceremony berlangsung di Bali dengan menghadirkan laga Bali United vs Persija Jakarta.

BACA JUGA : Liga Futsal Pro Putri 2022 – Putri Sumsel Kalahkan Netic FC 1-0

“Tanggal 19 (Juli) rakor antara PSSI-Polri untuk menjelaskan kesiapan kami, MoU kami akan jabarkan sampai menggelar Elite Pro (EPA) sampai jajaran Polres. Mudah-mudahan bisa kami laksanakan,” Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, pada tengah pekan lalu.

Sampai jumpa, Piala Presiden 2022. Selamat datang, Liga 1 2022!

(detiksport/*)

Editor : Panca Riatno