Bupati Hj Ratna Machmud Catatkan Sejarah, Pertama Kali SAKIP Mura Raih Predikat ‘BB’

oleh
oleh
Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud bersama Prof. Dr, Diah Natalisa MBA Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen-PAN RB sambil menunjukkan piagam penghargaan yang diterima

 

Dibawah komando Bupati Hj Ratna Machmud, Kabupaten Musi Rawas (Mura) mencatatkan sejarah yang luar biasa. Tepatnya dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah yang dilakukan pemerintah pusat melalui Kemen-PAN RB, Kabupaten Musi Rawas mendapatkan penghargaan atas kenaikan nilai atau predikat dalam evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Kabupaten Musi Rawas mendapatkan Penghargaan atas Predikat ‘BB’ dalam acara SAKIP dan RB AWARD 2021 yang dilaksanakan Kemen-PAN RB Selasa, 5 April 2022 Tri Brata Darmawangsa Jakarta.
Raihan predikat ‘BB’ ini sangat luar biasa karena terhitung sejak 2016 Kabupaten Musi Rawas mendapatkan predikat ‘B’ untuk SAKIP bahkan tahun sebelumnya CC. Atas penghargaan SAKIP Mura itu, Pemerintah pusat mengelontorkan bantuan dana senilai Rp 9 Milyar. Penghargaan predikat “BB” untuk evaluasi SAKIP 2021 itu diterima langsung Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud dalam acara SAKIP & RB AWARD 2021 yang digelar secara daring dan luring dengan penerapan protokol kesehatan ketat dimana sebanyak 44 perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota menerima penghargaan secara langsung salah satunya Musi Rawas. Pencapaian ini juga sangat membanggakan sama halnya pencapaian Pemprov Sumsel yang juga mendapatkan Predikat ‘BB”.
Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud cukup senang atas pencapaian tersebut. Pencapaian dan penghargaan Predikat ‘BB’ SAKIP 2021 ini dipersembahkan Bupati untuk Musi Rawas sepenuhnya. Kepada semua pihak yang berperan aktif atas pencapaian ini Bupati Hj Ratna Macmud menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi.
“Luar biasa, prosesnya begitu terasa dimana semuanya kompak. Saat paparan semua tim berusaha maksimal bahkan sampai malam terus menyempurnakan apa yang akan kita sampaikan dalam paparan dan penilaian,” kata Bupati Hj Ratna Machmud mengapresiasi jajarannya.
Yang pasti menurut Bupati hal ini akan menjadi semangat jajaran Pemkab Musi Rawas untuk terus meningkatkan pelayanan bahkan di tahun tahun selanjutnya diharapkan bisa naik lain untuk dapat meraih predikat “A”. Namun pada intinya menurut Bupati Hj Ratna Machmud, implementasi SAKIP sangat penting dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Kabupaten Musi Rawas mempunyai visi yang mulia yaitu mewujudkan Musi Rawas Maju, Mandiri Bermartabat.
Menurut Bupati, dengan implementasi SAKIP sangat penting dalam mewujudkan tujuan organisasi. Kabupaten Musi Rawas mempunyai tujuan mulia untuk mewujudkan Musi Rawas Maju, Mandiri Bermartabat. Selain itu juga dengan implementasi SAKIP tidak akan ada lagi program Kegiatan yang tidak mendukung Visi Misi sesuai yang telah ditetapkan pada RPJMD Kabupaten Musi Rawas Tahun 2021-2026.
Dengan implementasi SAKIP yang baik di Kabupaten Musi Rawas diharapkan dapat mendukung terwujudnya Musi Rawas MANTAB yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas.
“Atas predikat BB yang kami dapatkan ini dapat memotivasi diri saya pribadi sebagai Bupati Musi Rawas serta seluruh perangkat daerah untuk lebih meningkatkan lagi implementasi SAKIP di Kabupaten Musi Rawas,” tegasnya.
Sementara itu Kepala badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Rawas, Kgs Effendi Feri menyampaikan, pemerintah Kabupaten Musi Rawas mendapatkan predikat BB pada Evaluasi Implementasi SAKIP Tahun 2021. Untuk Kabupaten/Kota dalam Provinsi Sumsel Pemerintah Kabupaten Musi Rawas satu satunya yang promosi naik kelas ke predikat BB dari predikat B.
Evaluasi oleh Kementerian PAN RB terhadap 79 Kementerian lembaga, 34 pemerintah provinsi untuk SAKIP serta 494 kabupaten/kota diumumkan pada hari Selasa, 5 April 2022 bertempat di Tri Brata Darmawangsa Jakarta. Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud sendiri didampingi beberapa pejabat terkait saat menerima raport SAKIP 2021. Diantaranya Inspektur Baddarudin, Kepala Bappeda Kgs Effendi, Kabag Organisasi Lazuardy dan beberapa pejabat lainnya.
Semua jajaran Pemkab Mura dibawah komando Bupati Hj Ratna Machmud berperan dan andil dalam pencapaian tersebut dimana salah satunya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Kenaikan tertinggi terjadi pada Komponen Pengukuran Kinerja, karena Musi Rawas sudah mengimplementasikan Aplikasi SILAKIP sesuai instruksi Bupati Hj Ratna Machmud. Secara hitung-hitungan sumbangan poin untuk mencapai nilai dengan predikat BB dari Bappeda Mura terbilang cukup lumayan besar. Sumbangan poin dari Capaian kinerja Bappeda Mura mencapai 2,3 poin.
“Dari analisa hasil Evaluasi SAKIP 2021, pada tahun 2020 SAKIP Kabupaten Musi Rawas mendapatkan nilai 67,51 dan mendapat predikat B. Dan pada tahun 2021 naik 2,51 poin menjadi 70,02 dan menghantarkan Kabupaten Musi Rawas mendapatkan Predikat BB dimana ini pertama kali dicapai,” papar Feri.
Secara keseluruhan, dari kenaikan 2,51 poin tersebut Bappeda menyumbangkan 2,3 poin. Rinciannya untuk urusan perencanaan kinerja naik 0,83 poin, pengukuran kinerja naik 1,23 poin. Selanjutnya capaian kinerja naik 0,24 poin sehingga total kenaikan dari IKU Bappeda 2,3 poin.
“Kenaikan tertinggj pada Komponen Pengukuran Kinerja, karena Musi Rawas sudah mengimplementasikan Aplikasi SILAKIP,” tegasnya.
Sebagai informasi tambahan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo telah mengumumkan hasil evaluasi pada Selasa, 5 April 2022 pukul 09.00 WIB.
“Penyerahan hasil evaluasi yang bernama SAKIP & RB AWARD 2021 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya,” ujar Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto di Jakarta, Senin (04/04). (pnc)