Jemaah Haji dapat Jatah 10 Liter Air Zamzam, Jangan Coba Masukan ke Dalam Koper

oleh
oleh
Koper Jemaah Haji persiapan menuju kepulangan ke tanah air
Koper Jemaah Haji persiapan menuju kepulangan ke tanah air

MUREKS.CO.ID – Sesuai aturan penerbangan jemaah haji dilarang membawa sejumlah barang dimasukan ke dalam koper, yaitu barang yang mudah terbakar/meledak,Senjata api dan senjata tajam, Gas, aerosol, dan cairan melebihi 100ml, Uang lebih dari Rp 100.000.000 atau SAR 25.000, Air Zamzam.

Hal itu Disampaikan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H Subhan Cholid mengingatkan jemaah haji untuk tidak coba-coba memasukan air Zamzam ke dalam koper.

Sebab, koper tersebut akan diperiksa dan dibongkar bila ditemukan menyimpan air Zamzam.

BACA JUGA : PLN Lubuklinggau Pemeliharaan Jaringan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik Juli 2023

Usai puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina), penyelenggaraan haji masuk tahap pemulangan jemaah. Kelompok terbang (kloter) awal akan kembali ke Tanah Air mulai 4 Juli 2023.

Dua hari sebelum kepulangan, dilakukan proses penimbangan bagasi, dilanjutkan pemeriksaan melalui x-ray.

“Jangan masukkan air Zamzam ke koper bagasi. Sebab, koper berisi air Zamzam akan terdeteksi yang berakibat dibongkar dan dikeluarkan airnya. Ini sudah menjadi ketentuan penerbangan,” kata Subhan.

BACA JUGA : Suap Proyek PUPR Muratara Seret Nama Mantan Bupati

Proses penimbangan dilakukan untuk sejumlah kloter pertama dari sejumlah embarkasi. Ada Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01), Makassar (UPG 01), Solo (SOC 01), Surabaya (SUB 01) dan lainnya.

Setelah penimbangan di hotel jemaah, dilakukan pemeriksaan koper bagasi dengan menggunakan X-Ray Multiview yang dapat mendeteksi barang-barang yang dilarang, termasuk air Zamzam.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS