Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah 27 Juni 2023, Ini Penjelasannya

oleh
oleh
Jemaah Haji Wukuf di Arafah
Jemaah Haji Wukuf di Arafah

MUREKS.CO.ID – Pemerintah Arab Saudi secara resmi telah mengumumkan bahwa 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah, berdasarkan hasil rukyatul hilal. Maka pada 9 Dzulhijjah akan jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023 maka puncak haji yakni wukuf di Arafah.

Wukuf di Arafah merupakan rukun haji paling penting dan selalu diidentikkan dengan puncak haji.

Wukuf artinya berhenti atau berdiam diri di Arafah dalam keadaan ihram walau sejenak dalam waktu antara tergelincir Matahari pada 9 Dzulhijjah sampai terbit fajar hari nahar 10 Dzulhijjah.

BACA JUGA : Suap Proyek PUPR Muratara Seret Nama Mantan Bupati

 

Wukuf di Arafah adalah salah satu rukun ibadah haji yang wajib dilaksanakan jemaah haji. Lalu, kapan wukuf di Arafah 2023?

Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan 1 Zulhijah 1444 H bertepatan 19 Juni 2023. Artinya, wukuf di Arafah akan berlangsung pada 27 Juni 2023.

BACA JUGA : Kepala MAN 1 Lubuklinggau Apresiasi Kepada Alumni 2023 yang Lolos PTN

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 M mulai mempersiapkan beragam layanan selama puncak haji, Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina), salah satunya terkait jadwal pergerakan jemaah haji Indonesia.

“Jelang puncak haji, jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap ke Arafah pada 8 Zulhijah 1444 H. Jemaah akan mengenakan kain ihram dan mengambil miqat di hotel masing-masing,” terang Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS