BBM Terbaru Klaim Lebih Hemat, Ini Beda Bioetanol Dicampur Pertamax atau Pertalite

oleh
oleh
BBM terbaru, Ini Beda Bioetanol Dicampur Pertamax atau Pertalite
Ini Beda Bioetanol Dicampur Pertamax atau Pertalite

Sebagaimana penelitian tentang sifat dan karakteristik Pertamax 95 persen dengan etanol sebanyak 5 persen (serupa dengan formulasi BBM Bioetanol Pertamina) oleh Yos Nofendri dari Program Studi Teknik Mesin Universitas 17 Agustus 1945 (2018), menyatakan bahwa pemakaian bahan bakar tersebut menyebabkan penurunan torsi dan daya mesin sebesar 5 persen.

Sementara itu, mengacu pada Jurnal Teknologi Rekayasa Teknik Mesin (2021) karya Dharmanasa, Danial, dan Ivanto, torsi putaran Pertalite sebesar 4,67 kw.

5. Efisiensi Mesin

BACA JUGA : Minggu 18 Juni 2023, Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 1444 Hijriah

Lebih lanjut, dari riset Dharmanasa dkk, disebutkan efisiensi Pertalite rata-rata sebesar 55 persen. Sedangkan menurut Yos Nofendri (2018), penambahan 5 persen etanol pada Pertamax (Bioetanol Pertamina) dapat meningkatkan efisiensi mesin sebanyak 10,9 persen.

6. Konsumsi Bahan Bakar

Bahan Bakar Pertalite dianggap lebih tepat digunakan untuk kendaraan bermesin bensin yang banyak beredar di Indonesia dengan kompresi 9:1 sampai 10:1.

BACA JUGA : Kasihan, Susah Sinyal Internet, Kemana Lagi Warga Ulu Rawas Muratara Mengadu?

Dengan tambahan kandungan tertentu, BBM tersebut mampu dipakai untuk menempuh jarak lebih jauh, tetapi tetap berkualitas dan menawarkan harga yang terjangkau

Yos Nofendri (2018), menjelaskan melalui hasil penelitiannya bahwa campuran Pertamax dengan 5 persen etanol dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 15,8 persen.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan BBM Bioetanol dengan Pertalite. Nilai efisiensi, torsi dan daya mesin, hingga konsumsi bahan bakar bisa berbeda tergantung rilis resmi dari Pertamina. (*)

YUK GABUNG DAN BACA JUGA DI GOOLGE NEWS