Kecamatan Muara Beliti Gelar Musrenbang Dibuka Bupati Hj Ratna Machmud

oleh
oleh
Bupati eMusi Rawas Hj Ratna Machmud menyerahkan bantuan saat Musrenbang di Kecamatan Muara Beliti

MUREKS.CO.ID – Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan dimulai. Musrenbang perdana dilaksanakan Kecamatan Muara Beliti di Gedung Serba Guna Kelurahan Pasar Muara Beliti, Senin, 13 Februari 2023.

Kegiatan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 ini dibuka Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud.
Musrenbang dengan tema “Peningkatan Ketahanan Ekonomi, Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Umum” tersebut menghadirkan narasumber Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas Kgs Effendi Fery.

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud mengatakan, dengan diadakannya Musrenbang dapat bersama-sama memberikan pemikiran usulan program/kegiatan prioritas sebagai bahan penyusunan RKPD Tahun 2024.

Bupati juga berharap Musrenbang tingkat kecamatan bukan hanya bersifat seremonial. Tetapi substansi kegiatan ini benar-benar terwujud agar dapat menghasilkan kesepakatan bersama. Terutama dalam hal penentuan program dan kegiatan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Muara Beliti.

Bupati Hj Ratna Machmud menambahkan, Musrenbang tingkat kecamatan sangat penting dilaksanakan. Tujuannya agar pembangunan di Kabupaten Musi Rawas benar-benar efisien, efektif, dan tepat sasaran sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

Bupati Hj Ratna Machmud menjelaskan ada beberapa isu strategis perlu diselesaikan dan mendapat prioritas dalam membangun Kabupaten Musi Rawas.

Yakni pelaksanaan Pemilu/Pilkada serentak tahun 2024 dan kestabilan politik, hukum dan keamanan. Lalu percepatan penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting, peningkatan perekonomian dan nilai tambah sektor unggulan. Kemudian percepatan realisasi proyek straregis di Musi Rawas (Agropolitan Center, Food Estate, dan Kota Pendidikan). Selanjutnya peningkatan infrastruktur ekonomi kerakyataan serta pengelolaan lingkungan, mitigasi dan penanganan bencana.

“Saya berharap melalui Musrenbang ini, rencana program/prioritas desa yang telah diusulkan dapat dibahas untuk memperoleh kesepakatan dalam menentukan program dan kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2024,” terang Bupati Hj Ratna Machmud.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Ali Sadikin, Kepala Bappeda Kgs Effendi Ferry, Kepala OPD, Camat Muara Beliti, BNN Mura, Kapolsek Muara Beliti, Danramil Muara Beliti, Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Muara Beliti, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Adapun Musrenbang tingkat keamatan telah direncanakan mulai 13 Februari 2023 hingga 2 Maret 2023. (*)