Satres Narkoba Polres Musi Rawas Berikan Edukasi Bahaya Narkotika

oleh
oleh
Satuan Resers Narkoba Polres Musi Rawas Polda Sumatera Selatan melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).  
Kasat Res Narkoba Polres Musi Rawas AKP Herman Junaidi saat menyampaikan materi edukasi dan sosialisasi bahaya narkoba.

Bahaya dan Dampak Narkoba pada Hidup dan Kesehatan

Dikutip dari bnn.go.id,  peredaran dan dampak narkoba saat ini sudah sangat meresahkan. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat.

Tak kenal jenis kelamin dan usia, semua orang berisiko mengalami kecanduan jika sudah mencicipi zat berbahaya ini.
Meski ada beberapa jenis yang diperbolehkan dipakai untuk keperluan pengobatan, namun tetap saja harus mendapatkan pengawasan ketat dari dokter.

Ada banyak bahaya narkoba bagi hidup dan kesehatan, di antaranya adalah:

Dehidrasi

Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Baca Juga : Unik, di Musi Rawas Sumatera Selatan Ada Kuliner Namanya Lele Tong

Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.