70 Anggota Paskibraka Kabupaten Mura Diserahkan ke Pelatih

oleh
oleh

MUSI RAWAS,MUREKS.CO.ID- Sebanyak 70 pelajar SMA, MA dan SMK yang terpilih sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Musi Rawas (Mura) tahun 2022, secara resmi diserahkan kepada pelatih, Senin (08/08/2022).

Penyerahan ditandai dengan upacara yang langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti tersebut dipusatkan dj Auditorium Kantor Bupati Mura di Muara Beliti.

Wabup Mura, Hj Suwarti saat menyematkan Pun nama peserta secara simbolis kepada anggota Paskibraka Kabupaten Mura tahun 2022.

Panitia Pelaksana, Drs A Romzal mengatakan, penyerahan dimaksudkan agar diperoleh keseragaman tindak dan gerakan yang tertib, hikmat dan sungguh-sungguh dalam melaksanakan Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Kemudian lanjut dia, juga untuk memupuk rasa disiplin dan tanggung jawab, baik perorangan maupun kelompok dalam melakukan kegiatan bersama, serta menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara dan mengembangkan sikap kepemimpinan.

“Seleksi awal dilaksanakan pada 1-8 Maret di 45 SMA/MA/SMK yang diikuti 150 pelajar terdiri dari 75 orang putra dan sebanyak 75 orang Putri,” ungkapnya.

Kemudian seleksi akhir dilaksanakan pada 22-23 Maret 2022 di Lapangan Tenis Rumah Dinas Bupati Mura dan terpilih 70 orang terdiri dari 36 putra dan 34 putri. Jumlah inilah yang mengikuti Pemusatan Latihan.

“Untuk pelatih kita melibatkan Kodim 0406/Lubuklinggau, Polres Mura dan dari PPI Kabupaten Mura. Pemusatan Latihan dilaksanakan selama 10 hari dari 8-17 Agustus di Halaman Kantor Bupati Mura dan tempat Pemondokan di Hotel Dewinda Lubuklinggau,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti mengatakan, anggota paskibraka adalah putra dan putri pilihan yang berasal dari kalangan pelajar, dipilih melalui tahapan seleksi yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Hari ini, pelajar yang terpilih dan memenuhi syarat sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Mura Tahun 2022, akan diserahkan kepada pelatih, untuk diberikan pelatihan sesuai dengan jadwal dan aturan yang telah ditentukan,” kata Wabup.

Wabup mengucapkan selamat kepada pelajar yang telah terpilih sebagai anggota Paskibraka Kabupaten Mura, yang kemudian akan mulai mengikuti pelatihan.

“Kepada Pelatih, kiranya dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan berlaku ketentuan yang dan aturan sebagaimana yang kita harapkan, agar dapat memberikan semangat baru yang mampu menggairahkan dan meningkatkan motivasi bagi generasi muda, khususnya pelajar anggota Paskibraka,” tutup Bupati. (kom)