Kamis 17 Agustus 2023, Percaya Gak, dari 2020 hingga 2023 Harinya Senin Selasa Rabu dan Kamis

oleh
oleh
Hari Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus 2023
Hari Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus 2023

MUREKS.CO.ID – Peringatan 17 Agustus diperingati setiap tahun dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pemerintah juga menetapkan tanggal 17 Agustus 2023 sebagai hari libur nasional tepatnya hari Kamis.

Sebelumnya pada tahun 1945, Indonesia berada di bawah penjajahan Belanda, dan para pemimpin Jepang memutuskan untuk mendukung gerakan kemerdekaan Indonesia dalam rangka mengusir penjajahan dan pengaruh Belanda di Indonesia.

BACA JUGA : Pencuri Uang di Muratara Pasrah Dibawa Polisi

Presiden saat itu, Soekarno dan Muhammad Hatta bekerja sama dengan salah satu tentara Jepang untuk mengusir penjajah Belanda.

Ketika itu Jepang berhasil ditaklukkan oleh Amerika Serikat pada tahun 1945, Sukarno dan Hatta memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumumkan kemerdekaan ini.

Pada tanggal Jumat 17 Agustus 1945, Sukarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA : Bahan Kiswah Kakbah Termahal di Dunia, Wow Segini Harga dan Bahan-bahannya

Di Indonesia, hari proklamasi juga dikenal dengan istilah Proklamasi Kerdekaan Indonesia.

Dalam waktu yang tidak lama setelah proklamasi, Sukarno dan Hatta menggunakan persenjataan dan peralatan Jepang untuk melakukan perlawanan bersenjata melawan Pemerintahan Belanda di Indonesia.

Pemerintahan Belanda kemudian berhasil terusir dari Jakarta, namun upaya pengusiran ini berdampak terhadap peperangan sampai dengan tahun 1949.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS