23 Juli Kick-off Liga 1 2022, Dibuka PSIS Vs Rans Nusantara

oleh
oleh

JAKARTA, MUREKS.CO.ID – Kompetisi Liga 1 2022 tak mengalami kendala masalah perizinan. Jadwal kick-off yang direncanakan akan digelar pada 23 Juli diyakini tidak akan mengalami halangan.

Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali setelah memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Mabes Polri, hingga Kemenkes, Selasa (19/7/2022). Tak ada isu penahanan izin dari pihak terkait soal izin kompetisi.

BACA JUGA : Arema FC Juara Piala Presiden 2022

Adapun PSSI dan PT LIB sudah menetapkan Liga 1 kick-off mulai 23 Juli dengan dibuka laga PSIS Semarang melawan RANS Nusantara. Sementara di hari yang sama pada malam harinya digelar opening ceremony sebelum laga Bali United Vs Persija Jakarta.

BACA JUGA : Bersaing dengan Atlet Internasional, Ade Setian Mampu Raih Peringkat Empat Kejurnas MTB Banyuwangi

“Tadi saya baru memimpin rapat untuk pelaksanaan Liga 1 2022/2023. Ketum PSSI hadir, Polri, PT LIB, dan kemenkes juga hadir. PT LIB menyampaikan paparan dan mendapat respon dari kemenkes dan satgas,” kata Amali saat memberikan keterangan pers di kantornya.

“Tentu harapan kita lebih baik ke depan. Kalaupun ada hal-hal yg harus dibenahi kami punya komitmen apalagi kita sudah menghadirkan penonton. Pada intinya di rapat tadi kompetisi 2022/2023 sudah bisa dimulai sesuai dengan perencanaan PSSI dan PT LIB,” ujarnya menambahkan.

BACA JUGA : Update Ranking BWF – Cuma Dalam 35 Hari, Apriyani/Fadia Melesat 168 Peringkat

Dijelaskan Iriawan, izin kompetisi sebenarnya belum turun. Tapi ia menegaskan bahwa pihaknya hanya tinggal melengkapi berbagai hal untuk memenuhi persyaratan dari pihak terkait.

Dari Rakor yang baru saja digelar, Iriawan meyakini tak akan ada penangguhan izin sebagaimana pernah terjadi pada 2020 dan 2021. Saat itu PSSI dan PT LIB kesulitan mendapatkan izin menggelar event sepakbola sehingga kompetisi vakum selama 1,5 tahun.

BACA JUGA : 12 Wakil Indonesia Mundur dari Taipei Open 2022, Ini Nama dan Alasannya!

“Perlu kami sampaikan bahwa rapat koordinasi berkaitan dengan bergulirnya (kick off)  kembali Liga 1 2022/2023. Kami sampaikan jam 10 juga ada rakor internal polri dan PT LIB,” tutur Iriawan.

BACA JUGA : Sampai jumpa, Piala Presiden 2022. Selamat datang, Liga 1 2022!

“Kami merumuskan bahwa Liga 1 akan bergulir 23 Juli sampai April. Rekomendasi ini nantinya Polri akan mengeluarkan izin keramaian secara umum. Ada pun penonton akan disesuaikan dengan level PPKM seperti Piala Presiden nanti,” ucapnya.
(krs/yna/detiksport/*)