Bupati Apresiasi Petani Serius Budidayakan Bawang Merah

oleh
oleh

MURATARA-Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H Devi Suhartoni mengaku bangga dan memberikan apresiasi kepada petani di Desa Sungai Kijang, Kecamatan Rawas Ulu yang serius membudidayakan bawang merah dan hasil panen maksimal.

Bupati berharap petani lainnya juga bersemangat untuk mengembangkan budidaya bawang merah di desa masing-masing. “Waktu panen perdana saya lapor ke pak gubernur, beliau sangat senang masyarakat Muratara budidaya bawang merah ini. Kami pemerintah sangat serius memperhatikan ini, harapkan kami petaninya juga serius,” kata Bupati saat panen bawang merah di Desa Sungai Kijang, Selasa (8/2).

Devi menyebut pengembangan bawang merah yang baru saja dimulai ini merupakan terobosan baru Pemkab Muratara bekerjasama dengan perusahaan perkebunan SIPEF Group. “Kami pemerintah tidak minta bantuan uang, nanti fitnah, tapi kami minta perusahaan apa yang bisa dibantu untuk pemberdayaan masyarakat. Harapan kita SIPEF terus membantu petani-petani kita,” ujarnya.

Sebelumnya uji coba tanaman bawang merah yang dilakukan petani di Desa Lesung Batu Muda, Kecamatan Rawas Ulu juga hasilnya cukup memuaskan. Tanah Muratara yang disebut-sebut tidak cocok membudidayakan bawang merah ternyata terbantahkan.

Sementara itu, Mat Ikhsan, petani bawang merah di Desa Sungai Kijang mengaku, serius menanam bawang merah, bahkan melihat hasil panennya pun ia tambah semangat untuk menanam bawang merah.

Ia mengharap bantuan dari pemerintah daerah agar hasil panennya kedepan lebih maksimal. “Harapan kami saat ini kami minta bantuan traktor dan mesin air. Kalau pupuk dan lain-lainnya nanti kami usaha sendirilah bagaimana caranya,” pungkasnya. (fei)