Akhir Januari, Targetkan Rampung Tanam Padi

oleh
oleh

TUGUMULYO-Mengawai tahun 2022 ini, Pemerintah Kecamatan Tugumulyo bersama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Musi Rwas (Mura) melakukan percepatan tanam padi di bulan Januari ini.

“Sesuai jadwal untuk padi sawah musim tanam 2021/2022 di Minggu ke IV Januari ini kami jadwalkan untuk tanam,” ujar Kepala BPP Tugumulyo, Sumarno kepada Musirawas Ekspres, Minggu (9/1).

Lanjut ia, untuk saat Minggu pertama di Januari dijadwalkan untuk pembersihkan saluran irigasi, seperti Minggu (9/1) petani di Desa Nawangsasi melakukan gotong royong membersihkan saluran irigasi. Terlebih, beberapa hari kedepan sesuai jadwal irigasi DI Kelingi Tugumulyo segera dialirkan.

“Memang saat ini sebagian lahan persawahan di desa sudah mulai tanam, seperti di I Sukomulyo dan C Nawangsasi. Jadi untuk di Januari mudah-mudahan semua sudah tanam,” imbuhnya.

Dikatakan ia, sebelum melakukan tanam padi, petani di Kecamatan Tugumulyo juga melalukan gropyokan tikus. Hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir serangan hama tikus, karena serangan hama pengerat ini mampu merusak tanaman padi hingga gagal panen. “Mudah-mudahan dengan kekompakan petani dan dukungan dari pemerintah kecamatan dan desa serta petugas pertanian. Tugumulyo bisa melakukan percepatan tanam sesuai target yang diharapkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Jono salah seorang petani di C Nawangsasi mengaku, sudah melakukan penyemian kemungkinan di Minggu ke tiga Januari sudah siap tanam. “Untuk lahan sudah kami bajak, alhamdulillah meski dilakukan pengeringan karena sering hujan, air tercukupi,” katanya.

Ia menambahkan, untuk hama yang paling ditakutkan petani adalah hama tikus dan wereng batang coklat. “Kalau hama yang paling ditakutkan hama tikus, namun sebelumnya sudah dilakukan gropokan dan pengumpanan. Selain itu, kalau tanam serentak serangan hama juga berkurang,”pungkasnya. (jul)