Otomotif

Yamaha Pertimbangkan Sematkan Teknologi ‘Turbo’ YECVT pada Skutik Lexi 155cc

Advertisement

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuka peluang untuk menyematkan teknologi Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission (YECVT) atau yang dikenal sebagai ‘turbo’ pada lini skuter matik (skutik) Maxi mereka, Yamaha Lexi. Fitur canggih ini sebelumnya telah sukses terpasang pada model NMax dan Aerox, memicu pertanyaan kapan Lexi akan menyusul.

Saat ini, Yamaha Lexi menjadi satu-satunya skutik Maxi di kelas 155cc yang belum dilengkapi teknologi YECVT. Menanggapi hal ini, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Rifki Maulana, menyatakan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan tersebut.

Dapatkan berita menarik lainnya di mureks.co.id.

“Lexi Turbo? Memang butuh, ya? Mungkin kita bisa pertimbangkan lah, teknologi kan kita sudah punya tapi kita harus lihat dulu animo pasarnya bagaimana,” ujar Rifki saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/12/2025).

Rifki menambahkan bahwa keputusan ini memerlukan pertimbangan matang, terutama melihat tingginya permintaan setelah fitur serupa disematkan pada model lain. “Karena kan dengan penambahan fitur tersebut, kalian bisa lihat lah, permintaannya kan cukup tinggi ya. Itu kita juga harus benar-benar cermat menyikapinya,” jelasnya.

Menurut Rifki, kehadiran YECVT telah memberikan “angin segar baru” bagi produk-produk Yamaha, bukan sekadar perubahan tampilan semata. “Ya lumayan lah, kita bisa memberikan angin segar baru terhadap produk itu sendiri. Jadi bukan ganti baju aja, tapi bonus lain,” katanya.

Advertisement

Saat ini, Yamaha Lexi tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan ABS Connected. Harga jualnya berkisar antara Rp 26 juta hingga Rp 31 jutaan dengan status on the road Jakarta.

Mengenal Teknologi YECVT Yamaha

Berbeda dengan sistem turbo pada mobil yang memanfaatkan gas buang, teknologi YECVT pada motor Yamaha bekerja dengan bantuan motor listrik. Motor listrik ini berfungsi menggerakkan pulley depan, menggantikan peran roller konvensional.

Fitur ini juga dilengkapi dengan Y-Shift, yang menawarkan tiga tingkatan akselerasi instan—Low (1), Medium (2), dan High (3). Y-Shift dirancang untuk membantu pengendara saat mendahului kendaraan lain atau melibas tanjakan, memberikan sensasi berkendara layaknya “turbo” sesungguhnya.

Selain itu, YECVT juga menyediakan dua mode berkendara yang dapat dipilih melalui tombol “Mode” pada stang:

  • T-Mode (Town Commuting): Ideal untuk penggunaan di perkotaan.
  • S-Mode (Sport Touring): Cocok untuk perjalanan jarak jauh (touring), jalan menanjak, berboncengan, atau saat membutuhkan manuver cepat.
Advertisement
Mureks