Tumpukan Sampah di Muara Pinang Belum Ditangani

Laporan: Agus Subhan Bakin

EMPATLAWANG– Tumpukan sampah disertai luapan air terlihat di pinggiran jalan Kepahiang-Pagaralam tepatnya di Desa Muara Pinang Lama (Talang Tinggi), Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Minggu (06/06).

Nampak berbagai jenis sampah mulai dari organik hingga non organik berserakan di pinggir jalan yang juga disertai luapan air dari aliran siring.

Meli, salah satu warga mengatakan, biasanya yang sering membuang sampah di lokasi ini bukan warga sekitar. Karena memang warga di sekitar lokasi menumpuknya sampah ini tidak pernah memperbolehkan warga manapun membuang sampah. “Percuma kita larang nanti kalau sepi dan tidak ada orang banyak yang bakal buang sampah lagi,” kata Meli.
Meli juga menambahkan beberapa waktu yang lalu sempat ada beberapa warga berinisiatif membersihkan tumpukan sampah. Akan tetapi tidak selang lama sudah ada warga lagi yang membuang sampah di lokasi tersebut secara diam-diam.

“Sudah pernah ada yang membersihkan, akan tetapi lengah sedikit saja sudah ada yang buang sampah lagi. Yang dimana memang kita tidak tau karena kondisi jalannya memang sepi,” tambahnya.

Sementara itu Deni, salah satu pengendara sepeda motor menyampaikan cukup terganggu dengan kondisi jalan tersebut. Dimana akibat adanya tumpukan sampah, air jadi sedikit meluap ke jalan terlebih setelah turun hujan.

“Saya sering lewat disini dan memang dari dulu sampah menumpuk terus. Terlebih lagi karena siringnya tidak terlalu dalam, jadi airnya kadang meluap hingga ke badan jalan,” tutur Deni.

Sementara itu Paizal, Camat Muara Pinang ketika dikonfirmasi melalui whatsapp (WA), mengenai tumpukan sampah diwilayah yang saat ini dipimpinnya mengatakan, belum ada konfirmasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Sementara ini belum ada dari Dinas, nanti saya cek lokasi dulu, kemungkinan ujan semalam, sebab sore kemaren belum ada. Kalau tidak itu kiriman dari Desa lain,” katanya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.