KTM secara terang-terangan menunjukkan keseriusannya dalam menghadapi regulasi baru MotoGP 2027 dengan menjadi pabrikan pertama yang menjajal mesin berkapasitas 850 cc. Pengujian ini dilakukan dalam sebuah tes privat di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada akhir pekan lalu.
Langkah ini menjadi sinyal kuat bagi para kompetitor bahwa KTM telah memulai persiapan matang. Mulai musim 2027, ajang MotoGP akan meninggalkan era mesin 1.000 cc yang telah digunakan sejak 2012. Kapasitas mesin akan dipangkas menjadi 850 cc, bersamaan dengan penghapusan perangkat ride height dan pembatasan lainnya.
Perubahan regulasi ini bertujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan pebalap, sekaligus mendorong kompetisi yang lebih ketat dengan lebih banyak peluang saling salip demi hiburan penonton.
Tes privat KTM di Jerez ini juga muncul sebagai jawaban atas isu keraguan mengenai kelangsungan partisipasi pabrikan asal Austria tersebut di MotoGP. Sepanjang 2025, KTM sempat diragukan akibat krisis finansial yang melanda perusahaannya.
Dalam sesi tertutup tersebut, KTM menurunkan pebalap pengujinya, Pol Espargaro, untuk mengendarai prototipe motor yang dirancang untuk spesifikasi 2027. “Dengar itu? Masa depan baru saja dinyalakan. Mesin 850cc kami hidup dan sudah Ready to Race pada 2027,” ujar Pol Espargaro melalui akun media sosialnya, seperti dikutip dari Crash, Senin (8/12/2025).
Detail mengenai jumlah putaran yang ditempuh maupun spesifikasi motor prototipe tersebut belum diungkapkan secara rinci. Diduga, KTM belum sepenuhnya menyiapkan sasis untuk model 2027. Fokus utama pengujian ini kemungkinan besar tertuju pada uji coba ban kedua dari Pirelli, yang rencananya akan menjadi pemasok tunggal ban pada era regulasi baru.
Sebelumnya, pabrikan MotoGP dilarang melakukan pengujian mesin 850 cc guna menekan biaya pengembangan. Namun, larangan tersebut resmi berakhir pada 17 November 2025. Dengan dicabutnya pembatasan ini, pabrikan lain diperkirakan akan segera menyusul langkah KTM untuk mulai mencoba mesin 850 cc masing-masing dalam waktu dekat.






