Banyak Pedagang Menawarkan Jual Hewan Qurban, Petugas Pekan Depan Cek Kesehatan

EMPATLAWANG – Mejelang hari raya qurban (Idul adha) pedagang hewan (Kambing ) mulai berhamburan dan sudah banyak ditemui di kawasan wilayah kabupaten Empat Lawang.

Seperti yang terlihat di kawasan tebing tinggi, yang berada di pinggir jalan lintas sumatera, pedagang hewan qur’ban menawarkan beberapa ekor kambing yang dimasukan kedalam kandang untuk dijual belikan.

Namun, belum diketahui keadaan, kondisi hewan yang diperjual belikan itu apakah sehat atau sebaliknya, mengingat banyaknya isu yang beredar bahwa flu babi sudah menjangkit ke hewan liar yang menyebabkan banyaknya hewan liar (Babi,red) mendadak mati.

Dalam hal ini harus adanya instansi terkait yang harus turun kelapangan untuk mengecek ataupun memberikan suntikan kepada hewan yang diperjual belikan itu, agar nanti ketika dipotong hewan qurban tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat yang mengkonsumsinya.

Kepala Bidang Peternakan Qodri mengatakan pihaknya telah mendapatkan SK dari pemerintah pusat untuk melakukan pengecekan terhadap hewan qurban.

” Senin SK kami baru keluar dan Insyah Allah, Senin kami mulai bergerak turun kelapangan, karena sudah intruksi dari provinsi via zoom meeting,” katanya

Pemantauan ini lanjutnya dilakukan karena banyaknya isu yang beredar terkait flu babi dan kami sudah survey kelapangan,

“Pemantauan itu dilakukan melihat apakah hewan itu sakit atau sehat karena kita ada para medis juga karena itu sudah ada diketentuannya,” Tukasnya.(ken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.