Biji Kopi Terbaik Berawal dari Pemilihan, Cek dan Perhatikan Hal ini

oleh
oleh
Biji kopi
Biji kopi

Untuk mengetahui kadar air di dalam biji kopi, dapat diketahui dengan cara di tes menggunakan alat Moisture Meter, atau dilakukan pengovenan.

Biji kopi yang bagus biasanya akan punya aroma pekat. Jika aromanya sudah kurang terasa, kemungkinan biji kopinya kurang segar. Kemudian perhatikan juga tampilan fisik dari biji.

BACA JUGA : Petani Sawit Jangan Asal Panen, Perhatikan Tahapan ini untuk Memanen Agar Tidak Menyesal

Biji kopi yang bagus akan berwarna hijau kehijauan dan tidak memiliki lubang-lubang kecil ataupun busuk.

Umumnya, cara mengecek apakah biji kopi terbaik ada yang rusak atau tidak dengan menggunakan metode specialty grade, dimana toleransi kerusakannya maksimal 4%.

Kemudian, untuk mendapatkan biji kopi terbaik, pemetikan juga harus diperhatikan.

Biji kopi yang bagus dihasilkan dari buah kopi terbaik yang masak sempurna atau buah kopi yang dipetik berwarna merah pekat.

BACA JUGA : Kapan Jemaah Haji Muratara Tiba? Berikut Penjelasannya

Demikian beberapa ulasan tips dan trik, memilih biji kopi terbaik. Ulasan yang disampaikan tentunya masih cukup singkat dan sederhana, sebab masih banyak tips dan trik lain yang bisa dipelajari lagi.

Termasuk juga teknis untuk proses panen mulai dari pemetikan biji kopi hingga proses penjemuran dan lainnya, tentu ada ketentuan-ketentuan khusus hingga kualitas kopi benar-benar terbaik.

Untuk itu, kita selalu penikmat kopi mulai lah belajar sejak dini hingga mampu memilah jenis dan kualitas kopi yang terbaik tersebut. (*)

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS