Dahulukan Pendidikan Agama, Ini Peran Penting Ciptakan SDM Unggul Berahklak Mulia

oleh
oleh
Pendidikan Agama menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, bermoral, dan berakhlak mulia.
Pendidikan Agama menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, bermoral, dan berakhlak mulia.

MUREKS.CO.ID – Lembaga pendidikan agama memiliki basis ketuhanan dan penanaman karakter yang kuat akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, bermoral, dan berakhlak mulia.

Hal itu dinyatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Yang paling penting, sekolah berbasis agama apapun agamanya sangat dibutuhkan untuk pembangunan bangsa masa depan. Karena pasti lembaga pendidikan keagamaan itu pasti mengutamakan pendidikan karakter yang mutlak dilakukan lebih dahulu dari bahan pembelajaran lain,” ujar Muhadjir.

BACA JUGA : Pejabat Dinas Pendidikan Ditangkap Polisi Diduga Terkait Suap Fee Proyek

Muhadjir juga menuturkan, lembaga pendidikan keagamaan dengan pendidikan karakter adalah konteks yang penting untuk mengatasi tantangan krisis moral yang melanda masyarakat dunia termasuk di Indonesia saat ini.

Untuk itu, Muhadjir mengatakan, pemerintah mendukung peningkatan kualitas pendidikan keagamaan agar menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan beriman.

“Arah kebijakan pemerintah adalah mendukung peningkatan kualitas pendidikan agama, salah satunya Pendidikan Kristen agar dapat menghasilkan peserta didik yang berkarakter dan beriman,” jelasnya.

BACA JUGA : Ada 3 Simpang Tol Trans Sumatera, Duanya Ada di Musi Rawas dan Lubuklinggau

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga menyampaikan, dukungan pemerintah terhadap sekolah agama swasta dengan sekolah yang dikelola pemerintah tidak membeda-bedakan.

Keduanya sama mendapatkan bantuan operasional sekolah dari pemerintah, juga mendapatkan bantuan berupa pembangunan sarana prasarana bila membutuhkan.

Kemudian, dalam hal kurikulum, pemerintah juga tidak membatasi.

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS