Jemaah Haji Tanah Air Bisa Pulang Lebih Cepat, PPIH Jelaskan Begini Caranya

oleh
oleh
Begini Kata PPIH jika pulang jemaah haji tanah air lebih cepat
Begini Kata PPIH jika pulang jemaah haji tanah air lebih cepat

MUREKS.CO.ID – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah memberikan kesempatan kepada jemaah haji untuk melakukan tanazul.

Jemaah haji bisa melakukan pengajuan pulang lebih cepat dari jadwal yang seharusnya, ataupun pengunduran waktu pulang jemaah haji yang seharusnya mungkin lebih awal menjadi mundur.

Namun tetap harus ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

BACA JUGA : Begini Tips Meningkatkan Produksi Kelapa Sawit, Pupuk Dilakukan Secara Benar

“Tahun 2023, seiring dengan program pemerintah yang mencanangkan haji ramah lansia, PPIH memberikan prioritas kepada jemaah lansia terutama jemaah lansia risiko tinggi untuk dapat pulang ke Tanah Air lebih awal dari jadwal yang ditetapkan,” kata Koordinator Media Center Haji (PPIH) Pusat Dodo Murtado di Jakarta, Senin 10 Juli 2023.

Menurut dia, terdapat dua cara untuk mengajukan tanazul.

Pertama, petugas PPIH Kloter atau PPIH Arab Saudi bisa menyampaikan beberapa nama jemaah haji yang akan ditanazulkan, berdasarkan informasi dari tenaga kesehatan bahwa jemaah tersebut harus dipulangkan sesegera mungkin karena kondisi kesehatannya yang butuh penanganan intensif di Tanah Air.

BACA JUGA : Wisata Air Terjun Suban Rejang Lebong, Yuk Intip Keindahan Deskripsi Disini

“Kedua, jemaah haji bisa mengajukan secara tertulis kepada PPIH yang bertugas melakukan pelayanan kedatangan dan kepulangan di Daker Makkah maupuh Madinah dengan mencantumkan alasan tanazul tersebut. Selanjutnya, PPIH melakukan verifikasi apakah alasan tersebut cukup dijadikan sebagai dasar jemaah tersebut dapat ditanazulkan,” imbuhnya.

Dodo menyampaikan, sampai dengan tanggal 7 Juli 2023 pukul 24.00 WIB, jemaah gelombang 1 yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 24.312 orang, tergabung dalam 63 kelompok terbang (kloter).

 

DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS