Bagikan Daging Kurban Tanpa Plastik Diganti Daun Pisang, Ini Kata DLH Lubuklinggau

oleh
oleh
Pemotongan Hewan kurban di Ketua Masjid Al Kautsar a Taba Koji menerpakan pembagian tanpa plastik dengan menggunakan daun pisang, Kamis 29 Juni 2023.
Pemotongan Hewan kurban di Ketua Masjid Al Kautsar Taba Koji menerpakan pembagian tanpa plastik dengan menggunakan daun pisang, Kamis 29 Juni 2023.

MUREKS.CO.ID – Semarak kurban di hari raya Idul Adha 1444 H besar kemungkinan banyak sampah plastik yang menumpuk pasca penyaluran daging kurban, namun anggapan itu salah.

Masjid Al Kautsar Lubuklinggau yang berada di Kelurahan Taba Koji Kota LUbuklinggau menunjukannya, panitia kurban membagikan daging hewan kurban dengan menggunakan daun pisang untuk mengurangi sampah plastik saat pelaksanaan Idul Adha 1444 Hijriah.

Penyembelihan hewan kurban yang bertempat di Jalan Wijaya Rt 01 Kelurahan Taba Koji Kecamatan Lubuklinggau Timur I Kota Lubuklinggau.

“Penggunaan daun jati untuk membungkus daging hewan kurban sangat ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan kantong plastik yang dapat merusak lingkungan,” kata Ketua Masjid Al Kautsar Muhammad Rifqi, Kamis 29 Juni 2023.

BACA JUGA : Dari Tenda Kurang Layak, Jemaah Haji Indonesia Terlantar, Ini Kata Kemenag

Dengan menggunakan daun pisang diungkapkannya, kita terapkan dalam pendistribusian hewan kurban, melalui pihak panitia mengajak masyarakat untuk lebih peduli menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang sulit terurai.

“Untuk jumlah pemotongan hewan kurban dan 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang dilaksanakan setelah Salat Idul Adha dan hewan kurban ini merupakan dari masyarakat yang menunaikan kurbannya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan kali ini Masjid Al Kautsar, berkesempatan melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

BACA JUGA : Jangan Pakai Kantong Plastik, Masjid Agung As Salam Bagikan Daging Kurban

“Untuk kupon daging berjumlah 250 kupon, dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya di sekitaran Masjid Al Kautsar,” ungkapnya.

Harapan kedepannya dengan semangat kebersamaan dapat bertambah untuk hewan kurban pada tahun depan.

“Alhamdulillah antusias jemaah yang sangat tinggi membuat panitia kurban sangat terbantu dalam melaksanakan kurban,” tutupnya.

 

IKUTI KAMI DAN DAPATKAN INFORMASI LAINNYA DI GOOLGE NEWS