Pemancing Harus Waspada, Bahaya Mengintai, Buaya Muncul di Aliran Sungai di Musi Rawas

oleh
oleh
Seekor buaya muncul di aliran Sungai Ketuan di Desa Manah Resmi Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.
Seekor buaya muncul di aliran Sungai Ketuan di Desa Manah Resmi Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

Dilansir dari Smithsonian’s National Zoo, status konservasi gharial saat ini adalah terancam punah. Populasinya perlu dijaga agar tidak semakin berkurang.

  • Ciri Fisik Gharial

Seekor gharial bisa memiliki panjang antara 3,5 meter hingga 4,5 meter untuk betina, dan jantannya bisa mencapai 5 meter hingga 6 meter.

Gharial memiliki otot kaki yang lemah sehingga mereka tidak bisa bergerak dengan baik di daratan. Saat berada di darat, gharial bergerak dengan mendorong tubuh mereka ke depan seperti menggeser perut.

Baca Juga :Angin Segar Harga Sawit di PKS Kabupaten ini Naik, Waduh Harga TBS Sawit di Sumsel Turun

  • Habitat Gharial

Gharial hidup di sungai air tawar yang jernih. Mereka senang menghabiskan waktu di tikungan sungai yang airnya lebih dalam.

Gharial tidak cocok hidup di tanah, sehingga mereka biasanya hanya meninggalkan sungai untuk berjemur di bawah sinar Matahari atau bersarang.

Sebelumnya, gharial ditemukan di Pakistan hingga Myanmar. Namun, jangkauan reptil ini semakin menyusut, yakni hanya ada di dua negara; India dan Nepal.

Habitat gharial di India berada di sepanjang Sungai Chambal, Girwa, dan Son. Sedangkan di Nepal berada di sepanjang Sungai Narayani.

Baca Juga :Penikmat Kopi Jangan Berlebihan, Ini Khasihat dan Takaran Agar Dapat Nikmatnya

  • Reproduksi Gharial

Gharial jantan melakukan perkawinan dengan dengan beberapa betina. Betinanya mencapai kematangan seksual ketika panjangnya sudah mencapai 3 meter dan jantan mencapai 4 meter.

Betina menggali sarang selama musim kemarau, antara bulan Maret dan April, setelah melakukan proses kawin di bulan Desember atau Januari.

Gharial betina dapat menyimpan 40 telur yang akan menetas pada 60 hingga 80 hari kemudian. Setelah menetas, bayi-bayi gharial akan diasuh oleh betina, hingga mereka mampu berburu makanan sendiri.

YUK GABUNG DAN BACA JUGA DI GOOLGE NEWS