6 Hama dan Penyakit Sering Menyerang Tanaman Padi, Petani Harus Hati-hati, Berikut Ciri-cirinya

oleh
oleh
Hama dan penyakit selalu menyerang tanaman padi saat memasuki musim tanam. Salah satu cara pencegahannya mengenali sejak awal
Hama dan penyakit selalu menyerang tanaman padi saat memasuki musim tanam. Salah satu cara pencegahannya mengenali sejak awal

6. Penyakit Bercak Daun

Penyebab penyakit bercak daun adalah jamur helmintosporium oryzae. Penyakit ini menyerang tanaman padi mulai dari biji yang baru kecambah, malai, pelepah daun dan buah yang baru tumbuh.

Baca Juga :BMKG Bagian Sumsel, Juli Puncak Lubuklinggau, Musi Rawas, Muratara Akan Kemarau Panjang

Gejalanya biji padi busuk saat berkecambah, dan kemudian mati, tanaman padi dewasa busuk dan kering, dan biji bercak-bercak tetapi tetap berisi.

Pencegahan penyakit bercak daun yaitu dengan melakukan perendaman benih menggunakan pupuk organik cair .

Cara pengendalian penyakit bercak daun yaitu dengan cara pengeringan petakan, kemudian biarkan tanah hingga retak sebelum dialiri lagi.

Baca Juga :Mayoritas Pembuat KTP Digital di Empat Lawang Expo Usia 17 Tahun

Disamping itu tunggul-tunggul padi sesudah panen harus didekomposisi agar tidak busuk di dalam tanah, namun dapat terfermentasi sempurna menjadi pupuk kompos.

Demikian sejumlah penyakit dan hama yang menyerang tanaman padi yang dapat diantisipasi para petani sejak awal, semoga bermanfaat. (*)