Banyak Kandungan Protein di Tempe, Ahli Gizi Bilang Jangan Konsumsi Berlebihan

oleh
oleh
Tempe

Tempe memiliki kandungan gizi yang terdiri dari zat gizi mikro yaitu protein, karbohidrat, dan sumber lemak baik, yang semuanya dapat menghasilkan energi.

“Tetapi, dari ketiganya, yang paling dominan adalah sumber protein sehingga tempe sangat baik dikonsumsi, baik oleh anak-anak, orang dewasa, sampai lansia sebagai sumber energi,” kata Fitri menambahkan.

Tempe juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh serta mengandung serat larut air yang sangat bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna.

BACA JUGA : Tingginya Partisipasi Pemilih Menjadi Legitimasi Pemilu

BACA JUGA : Main Game Sambil Belajar Bonus Saldo DANA, Bisa Buat Modal Malam Mingguan

BACA JUGA : Sebaiknya Temui Jokowi Dulu, Baru Atlet Sea Games 2023 Terima Bonus, Berikut Besarannya

Namun, jika terlalu banyak makan tempe, Fitri yang juga merupakan Ketua Pengurus Pusat (PP) Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI) itu mengatakan, asupan energi dalam tubuh akan menjadi berlebihan.

“Karena tempe merupakan sumber protein dan energi, maka konsumsi sesuai dengan kebutuhan. Jika berlebihan, tentunya asupan energi kita juga akan berlebih,” ujar Fitri.

Anjuran mengonsumsi tempe adalah 50-75 gram atau setara dengan potongan berukuran sedang dalam setiap kali waktu makan sebagai lauk nabati.