Antisipasi Bencana Akibat Badai El Nino di Muba, Pj Bupati Apriyadi Lakukan Ini

oleh
oleh
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terdapat potensi terjadinya badai El Nino pada Mei 2023.
Pj Bupati Muba H Apriyadi saat menyampaikan bantuan korban bencana

Kepala BPBD Muba, Pathi Riduan mengatakan, SK Bupati juga berpedoman pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1059 Tentang Pembentukan Daerah Tingkat II dan Kota Praja di Sumatera Selatan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1959 Nomor 73, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 1821).

Baca Juga : Bangun Rumah Dinas Bupati Muratara, Tahun Ini Juga Intake dan Pipanisasi PDAM Dikerjakan

Isi SK Bupati menetapkan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023.

“Status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan, dan lahan di Kabupaten Musi Banyuasin ditetapkan dalam rangka mengantisipasi terjadinya Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2023 yang berlangsung sejak diterapkannya keputusan ini sampai dengan tanggal 30 November 2023,” beber Pathi, Sabtu, 1 April 2023.

Selain itu, kata Pathi, penetapan status siaga darurat juga ditindaklanjuti dengan pembentukan Pos Komando melibatkan perangkat Daerah dan instansi terkait.

“Pos Komando ini dibuat demi melaksanakan tugas yang ditentukan selama 240 hari hari sejak tanggal ditetapkan,” tandasnya.

Baca Juga : Pejabat Pemasyarakatan Dimutasi, Langsung Dilantik Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel

Disebutkan Kepala BPBD Muba, Pathi Riduan selama rentang 11 Januari hingga 15 Maret 2023 terdapat bencana yang berhasil ditangani sebanyak 15 rumah rusak berat.

“Sedangkan sejumlah kepala keluarga mengalami kerugian diakibatkan longsor dan banjir diantaranya 8 KK di Desa Bero Jaya, 11 KK Desa Margo Mulyo dan 80 KK Desa Pandan Sari, 35 KK Desa Pengage dan 25 KK Desa Ngulak III. Sejumlah bencana tersebut meliputi Kecamatan Sekayu, Lalan, Tungkal Jaya, Lais dan Sanga Desa, “jelasnya Jumat.

Berikut bencana di Muba yang berhasil ditangani BPBD dan Pemkab Muba.
1. Banjir : 13 Kejadian
2. Tanah Longsor: 18 Kejadian
3. Karhutbunlah: 16 Kejadian
4. Anging Kencang/Putting Beliung : 14 Kejadian
5. Orang tenggelam : 12 Kejadian
6. Orang Hilang/Tersesat : 1 Kejadian (*)