Bupati Hj Ratna Machmud Terus Perjuangkan Kesejahteraan Petani Karet di Musi Rawas

oleh
oleh
Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud terus berupaya mengambil langkah dalam memperjuangkan kesejahteraan para petani karet.
Kepala Disbun Kabupaten Mura, Kgs M Effendi Fery menerima batuan berupa pembeku lateks dari Dirjen Kementan

MUSI RAWAS, MUREKS.CO.ID –Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud terus berupaya mengambil langkah dalam memperjuangkan kesejahteraan para petani karet.

Terbaru Bupati Hj Ratna Machmud minta bantuan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membantu pentani karet.

Batuan berupa pembeku lateks dari Dirjen Kementan diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, Jumat , 7 April 2023 di Kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Mura. Bantuan diterima Kepala Disbun Kabupaten Mura, Kgs M Effendi Fery.

Baca Juga : Bupati Hj Ratna Machmud Usulkan Musi Rawas Jadi Lumbung Pangan Nasional

Setalh diterima pemkab Mura bantuan tersebut langsung disalurkan kepada petani karet yang ada di 33 UPPB tersebar di 13 kecamatan di wilayah Kabupaten Mura.

Saat menyerahkan bantuan tersebut Kadisbun sempat Video Call (VC) langsung dengan Bupati Ratna Machmud, sebagi bentuk laporan.

Para pentani mengucapkan terima kasih tak terhingga karena telah dibantu Bupati. Bantuan akan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menunjang hasil perkebunan.

Bupati Hj Ratna Machmud berharap dengan bantuan cairan pembeku lateks dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan juga menambah kesejahteraan petani karet di Kabupaten Mura.

“Semoga dengan bantuan Pembeku Lateks ini, hasil karet bisa semakin bagus, demikian juga harga akan bagus dan sesuai,” harapnya.

Baca Juga : Hari Raya Idul Fitri 2023, Muhammadiyah Tetapkan Jatuh pada 21 April 2023

Ditambahkannya, kualitas karet juga dijaga agar harganya lebih mahal karena karet yang baik. Dirinya akan terus upayakan agar petani  dapat bahagia, sejahtera dan makmur.

“Menunjang ekonomi keluarga sehingga apa yang kita cita-citakan Musi Rawas Maju, Mandiri, bermartabat (Mantab) dapat tercapai,” kata Bupati saat VC dengan para petani.

Salah seorang petani dari UPPB Rukun Makmur, Desa Temuan Sari, Kecamatan Muara Kelingi, menyampaikan terima kasih kepada Bupati atas bantuannya.

Dirinya bersama para petani yang lain akan manfaatkan bantuan Pembeku Lateks untuk maksimalkan hasil beku karet.

Baca Juga : Bank Sumsel Babel Pinjaman KUR 2023, Tawarkan Pinjaman Hingga Rp500 Juta

“Kami berdoa semoga Ibu selalu sehat dan dalam bimbingan dan RahmatNya sehingga bisa membawa Kabupaten Musi Rawas lebih baik lagi. Musi Rawas Mantab, Perkebunan Berjaya, Petani Makmur,” ucapnya via VC ke Bupati.

Kepala Disbun Kabupaten Mura, Kgs M Effendi Fery menyampaikan, bantuan Pembeku Lateks merupakan profosal Bupati Mura tahun 2022 lalu, dan tahun ini disalurkan.

Ini salah satu bentuk kepeduliàn Bupati Hj Ratna Machmud untuk mengangkat harkat dan martabat petani karet.

“Tentunya, seiring bantuan ini, petani kita diharapkan agar dapat lebih giat dan meningkatkan hasil dan kualitas karet. Bantuan ini datang dibawa 3 truk tronton sebanyak 5.077 liter cairan pembeku lateks untuk getah karet petani. Semoga manfaat dan barokah petani karet Musi Rawas,” jelasnya. (rls)