IKLH Musi Rawas Peringkat Pertama se-Sumsel, Bupati Hj Ratna Machmud: Langkah Awal Perjalanan Panjang

oleh
oleh
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

MUREKS.CO.ID – Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022 mengalami peningkatan. Sebelumnya Kabupaten Musi Rawas berada pada peringkat kedua se-Sumsel Indeks Kualitas Lingkungan Hidup.

Pada 2022 mengalami peningkatan menjadi peringkat pertama dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Untuk tingkat nasional, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas berada pada peringkat 134 dari 514 kabupaten/kota.

Baca Juga : Wakil Bupati Musi Rawas dan Kapolres Apresiasi Lomba Super 100, Berikut Daftar Pemenangnya

Indeks kualitas lingkungan hidup adalah nilai yang menggambarkan kualitas lingkungan hidup dalam suatu wilayah pada waktu tertentu. Ini merupakan nilai komposit dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Lahan (IKL) dan Indeks Kualitas Air Laut (IKAL).

“Keberhasilan pencapaian ini bukanlah sebuah hasil akhir, tetapi merupakan langkah awal untuk perjalanan panjang menjaga kelestarian lingkungan,” ungkap Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud.

Menurut Hj Ratna Machmud masih banyak kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas harus dilakukan untuk mencapai target nilai IKLH yang telah ditetapkan dalam RPJMD 71.37 tahun 2024.

Baca Juga : Kemendagri Lakukan Penilaian Triwulan III Masa Jabatan Pj Bupati Apriyadi, Hasilnya?

Sementara itu nilai Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas pada tahun 2022 mencapai 70,97 dengan predikat Baik. Masing-masing nilai pada indikator yang diraih, yakni nilai IKA 60,06; IKU 90,89; dan IKL 42,57.

Berdasarkan kondisi tersebut, pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Musi Rawas secara umum sudah baik dan menunjukkan besarnya perhatian Pemerintah Daerah atas tata kelola lingkungan.

Mulai dari perencanaan sampai hilirisasi pengawasan kegiatan masyarakat maupun perusahaan, akan tetapi masih perlu lebih ditingkatkan lagi.(rel)