Seleksi Calon PPK Sistem Gugur, Peserta Jangan Sampai Tidak Hadir

oleh
oleh
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan mulai melakukan tahapan seleksi calon anggota PPK
Puluhan calon anggota PPK sedang menunggu pelaksanaan CAT di SMAN 1 Muara Beliti Kabupaten Mura, Selasa  6 Desember 2022 . Foto : Muhammad Yasin / Linggau Pos

MUREKS.CO.ID –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan mulai melakukan tahapan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Tahap awal para peserta mengikuyi ujian Computer Assisted Test (CAT) , Selasa, 6 Desember 2022.

“Pelaksanaan tes sistem gugur, bagi peserta yang tidak hadir kita anggap mengundurkan diri,” jelas Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Syarifudin , Selasa, 6 Desember 2022 .

Menurutnya, sesi pertama CAT yang harusnya diikuti 46 orang, empat diantaranya tidak hadir. “Sesi pertama ada empat orang yang tidak hadir, maka kita anggap mengundurkan diri, gugur dengan sendirinya,” tambahnya.

Syarifudin menyebut pelaksanaan CAT belangsung 6-7 Desember 2022 di SMAN 1 Muara Beliti. Jumlah pelamar calon anggota PPK sebanyak 431 orang untuk 14 kecamatan. Dalam satu hari dilaksanakan 5 sesi.

Ditambahkannya, penilaian CAT berdasarkan perangkingan. Peserta yang lulus CAT akan mengikuti tes wawacara pada 10-13 Desember 2022. Dari test wawancara yanag akan diambil 10 orang, yang dilantik menjadi anggota PPK lima orang, sisanya lima orang lagi sebagai cadangan Pengganti Antar Waktu (PAW).

“Urutan pertama hingga kelima dilantik menjadi anggota PPK, sedangkan urutan enam hingga 10 sebagai PAW. Jika anggota PPK mengalami masalah misalnya berhalangan tetap,” tambahnya.

Syarifudin menegaskan bahwa PPK yang direkrut saat ini merupakan PPK untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang terdiri dari Pileg dan Pilpres.

“Untuk PPK Pilkada belum tahu apakah nanti diambil dari PPK yang melaksanakan Pileg atau dievaluasi saja. Dalam arti yang kinerjanya bagus dipertahankan, sedangkan yang kinerjanya kurang bagus diganti. Kita belum tahu itu. Yang jelas ini PPK Pemilu karena saat ini sedang dalam tahapan Pemilu. Untuk Pilkada belum masih tahapan,” jelasnya.  (lipos)