Singapura U-16 vs Indonesia U-16 Waspadai Kebangkitan Lawan

oleh
oleh

SLEMAN, MUREKS.CO.ID – Kemenangan 2-0 atas Filipina pada pertandingan pertama fase grup A AFF Cup U-16 2022 meningkatkan kepercayaan diri pemain tim nasional Indonesia U-16. Namun, para pemain muda Indonesia diminta tidak terlalu larut dalam euforia kemenangan. Sebab, lawan berat sudah menunggu di depan mata. Yaitu, Singapura.

Pertemuan Indonesia melawan Singapura akan tersaji malam ini pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman meminta para pemainnya mewaspadai motivasi berlipat ganda tim lawan. Bima meyakini Singapura bertekad bangkit pasca kekalahan 1-5 oleh Vietnam pada pertandingan pertama fase grup.

BACA JUGA : Kevin/Marcus Andalan Teratas Indonesia di Kejuaraan Dunia 2022

Bima memprediksi Singapura akan menerapkan permainan yang sama seperti saat ditekuk Vietnam. Saat itu, Singapura bermain dengan compact defense dan menyerang lewat counterattack. ”Karena itu, menjelang pertandingan melawan Singapura, kami memperkuat serangan dari tengah ke depan,” ucap mantan pemain Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) dan Persiba Balikpapan itu kemarin.

Bima juga meminta para pemainnya untuk mengawal ketat pergerakan Muhammad Qaisy bin Noranzor. Striker asal klub Mattar Sailors itu memiliki kemampuan yang bisa merepotkan pertahanan Indonesia lewat skema fast break. ”Serangan balik mereka berbahaya,” tegas mantan pemain Persegres Gresik United itu.

Beruntung, saat sedang menghadapi lawan berat, Indonesia mendapat tambahan kekuatan. Penjaga gawang Ikram Al Giffari yang sebelumnya menepi karena sakit cacar air sudah bergabung dengan tim. ”Kami jadi kembali memiliki tiga kiper,” imbuhnya.
Lengkapnya kekuatan skuad Garuda Asia –julukan timnas Indonesia U-16– membuat Bima leluasa menentukan pemain yang berbeda dari pertandingan pertama melawan Filipina. Bima akan melakukan rotasi agar skuadnya lebih bugar saat menjalani pertandingan pemungkas grup A melawan Vietnam (6/8).

BACA JUGA : Cuma Menang 2-0 Atas Filipina,  Ini Alasan Timnas Indonesia U-16

”Kami sedang fokus mempersiapkan tim menjelang pertandingan kedua melawan Singapura. Tapi, saya juga harus mulai mempersiapkan tim untuk melawan Vietnam. Kami harus bisa memaksimalkan semua pertandingan untuk meraih kemenangan,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih timnas Singapura U-16 Angel Toledano Flores meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan telak oleh Vietnam. Peluang untuk lolos dari fase grup masih terbuka. ”Kami harus optimistis dan harus bermain lebih baik di pertandingan selanjutnya,” ucap Flores. (fiq/c17/ali/jppn)

BACA JUGA : Piala AFF U-16 2022: Indonesia Taklukkan Filipina 2-0

Perkiraan Pemain
Singapura (4-2-3-1)
28-Isaac Lee (g); 2-Hadirul Harraz, 4-Kegan Phang, 3-Shaddiq Mansor, 5-Ilham Iskandar; 8-Jonan Tan, 10-Rasul Ramli ©; 21-Yusril Hanapi, 19-Sahoo Garv, 7-Jayden Goh; 9-Qaisy Noranzor
Pelatih: Angel Toledano Flores
Indonesia (4-3-3)
28-Andrika Fathir (g); 14-Zaky Razak, 2-Rizdjar Subagja, 21-Iqbal Gwijangge ©, 20-Habil Akbar; 6-Hanif Ramadhan, 12-Narendra Tegar, 10-Ji Da-bin; 7-Yanuar Sanusi, 22-Arjuna Tri Wahyudi, 8-Arkhan Kaka
Pelatih: Bima Sakti
Venue: Stadion Maguwoharjo, Sleman
Live: Indosiar pukul 20.00 WIB