Pemprov Sumsel Gelar Expo di Kota Bandung Jabar

oleh
oleh

PALEMBANG, MUREKS.CO.ID – Pemerintah Provinsi Provinsi (Pemprov)  Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya  meningkatakan pendapatan masyarakat melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya melalui penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 yang berlangsung di Cihampelas Walk Kota Bandung.

Sumsel Expo yang berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 14 Agustus 2022 tersebut   diyakini akan  mampu menumbuhkan  kualitas produksi  UMKM Sumsel  agar mampu bersaing dipasar  global.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Ir.H.Amiruddin,M.Si Rabu (10/8) mengatakan, Pemprov melalui dinas yang dipimpinnya  akan beruapaya  mendorong majunya sektor UMKM  melalui sejumlah event diantaranya  melalui agenda tahunan Sumsel Expo.

BACA JUGA : Biar Makin Mudah, Pemprov Sumsel Terapkan  Layanan Publik Sistem Online

Sebagai salah satu daerah yang sektor UMKM yang cukup tinggi, lanjut Amiruddin, menjadi alasan tersendiri bagi Kementerian Koperasi dan UMKM  untuk ikut terlibat dalam  ajang acara Hari Nasional UMKM yang juga berbarengan dengan penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 bersama dengan Provinsi Jabar.

“Pemprov Sumsel  rutin menggelar Sumsel Expo sebagai wadah promosi  bagi produk UMKM  untuk dikenalan pada pasar luar. Kebetulan pada  tahun ini  bertepatan dengan hari nasional UMKM  yang  menjadi tuan rumah adalah Kota Bandung. Sumsel satu-satunya provinsi yang didaulat  meng backup Harnas UMKM,” terangnya.

Adapun Sumsel Expo kali ini lanjut dia, melibatkan   12 peserta seperti ICSB, Kriya Sriwijaya, Bank Sumsel, PT Pusri. Selain itu  8  Kabupaten/Kota juga ikut dilibatkan masing-masing  Kabupaten OKI, OKU, Ogan  Ilir, Musi Banyuasin, Kota Prabumulih, Muara Enim, OKU  Timur dan Musi Rawas.

BACA JUGA : Bikers ISSI Sumsel Ungguli Kategori Men Junior

“Kegiatan ini selain untuk mempromosikan berbagai potensi daerah juga untuk pemberdayakan ekonomi masyarakat, terbukti banyak gerai yang disiapkan untuk pelaku UMKM,” tambahnya.

Lebih lanjut Amiruddin menuturkan, yang membedakan Sumsel Expo 2022 dari tahun-tahun sebelumnya, adalah adanya penandatanganan kesepakatan bersama
antara pemerintah daerah provinsi Sumsel
dengan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

“Harapan dari penyelenggaraan Pemprov Sumsel Expo ini adalah untuk pertukaran informasi produk UMKM Sumsel dan Jawa Barat. Kemudian untuk meningkatkan omset penjualan serta  mempererat silaturahmi antara pelaku UMKM secara digital,” pungkasnya. (rls/*)

Editor : Panca Riatno