Edi Iswanto Sekda Musirawas Tutup Usia, Berikut Perjalanan Karir Almarhum

oleh
oleh

MUSIRAWAS-“Innalillahi Wa Inna Ilaihirojiun,  telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Drs. Edi Iswanto, M.Pd (Sekda Kabupaten Musi Rawas), pukul 16.30 Wib. Rumah Duka Jl. Amula Rahayu Lubuklinggau. Semoga diampuni segala dosa dan diterima amal ibadahnya, keluarga yang ditinggalkan tetap tabah. Aminnn”.

Demikian pesan berantai yang diterima dibeberapa grup medsos, atas berpulangnya almarhum. Mengenyam jabatan Sekda dimasa Bupati Hj. Ratna Machmud ini, memang telah lama mengidap sakit.

Kadiskominfo Salman Ansori membenarkan kabar duka tersebut. Bupati dan jajaran Pemkab Musirawas, sangat kehilangan akan budi baik dan ilmu yang disalurkan ke jajaran ASN di Musirawas.

“Beliau memang selama ini telah sakit. Pemkab Musirawas sangat kehilangan guru sekaligus sahabat bagi kami. Semoga almarhum husnul khotimah, dan amalan baik beliau akan menjadi teladan kami,” ungkapnya.

Edi Iswanto dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Rawas oleh Bupati Musirawas Hj Ratna Machmud di Auditorium Pemkab Musi Rawas, Senin (8/6/2021).Asisten III Pemkab Musi Rawas ini menggantikan EC Priskodesi, yang mengundurkan diri dari jabatan Sekda Musi Rawas.

Edi Iswanto mengawali karirnya didunia birokrasi sebagai CPNS Guru STM Negeri Tanjung Pinang pada tahun 1986. Kemdian tahun 1987 jadi PNS guru SMTA dan STMN Tanjung Pinang.

Pada tahun 2003, dia hijrah menjadi guru SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Dan pada tahun 2004 menjadi staf di Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

Selanjutnya pada tahun 2005, dia menjabat Kasubdin Usaha Sarana Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Musi Rawas. Pada tahun 2006 dia menjabat Kasubdin Bangunan pada Dinas PU Cipta Karya Kabupaten Musi Rawas dan pada tahun 2007 menjabat Wakil Kepala Diknas Kabupaten Musi Rawas.

Pada tahun 2008, dia menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas dan pada tahun yang sama dia kemudian menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

Selanjutnya pada tahun 2012 dia menjabat Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Musi Rawas dan di tahun yang sama dia kemudian menjabat sebagai Asisten Kesejahteraan Rakyat dan Keuangan Setda Kabupaten Musi Rawas. Setelah itu, sejak tahun 2016 sampai tahun 2021 dia menjabat sebagai Asisten Administrasi dan Keuangan Setda Kabupaten Musi Rawas.

Riwayat pendidikan Edi Iswanto, pada tahun 1974 SDN 9 Lubuklinggau. Kemudian tahun 1977 SMP Xaverius Lubuklinggau dan tahun 1981 STM Negeri 1 Palembang. Pendidikan S1 di FKIP Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Padang tahun 1986 dan pendidikan S2 Universitas Bengkulu Prodi Administrasi Pendidikan tahun 2010.(mnr)