Kalahkan Myanmar Lewat Adu Penalti, Indonesia ke Final Piala AFF U-16

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Timnas Indonesia U-16 akhirnya melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia mengalahkan Myanmar 5-4 lewat adu penalti, usai berimbang 1-1 selama 90 menit.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022), Indonesia dibuat frustrasi Myanmar sejak kick off. Di babak pertama, gawang Indonesia bahkan bisa dibobol Nay Min Htet, jelang turun minum.

Di babak kedua, Indonesia sempat menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol tendangan bebas Riski Afrisal. Hingga waktu normal habis, skor imbang tak berubah, sehingga laga mesti dilanjutkan ke babak adu penalti.

BACA JUGA : Antisipasi Drama Adu Penalti Kontra Myanmar, Eksekutor Timnas U-16 Siap Tempur

Di babak tos-tosan, Indonesia bisa unggul atas Myanmar dengan skor 5-4. Satu penendang Myanmar, Shine Wana Aung, gagal menceploskan bola usai arah tembakannya bisa terbaca Andrika Fathur.

Indonesia akhirnya bisa melaju ke final Piala AFF U-16 2022, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022). Lawan Indonesia adalah Vietnam, yang sebelumnya menyingkirkan Thailand lewat kemenangan 2-0.

* Jalannya Pertandingan

Melawan Myanmar, Timnas Indonesia U-16 masih mengandalkan duet Nabil Asyura-Arkha Kaka. Keduanya cukup merepotkan barisan belakang lawan. Beberapa peluang bisa ditebar Kaka. Namun, disiplinnya lini belakang Myanmar membuat gawang lawan belum bisa dijebol.

BACA JUGA : Resmi! Witan Sulaeman Dikontrak AS Trencin, Susul Egy Maulana Vikri ke Liga Slovakia

Sebaliknya, Myanmar cuma mengandalkan serangan balik cepat. Duet penyerang Shine Wanna Aung dan Kaung Htet juga bisa membuat barisan belakang Indonesia beberapa kali kerepotan.

Menit ke-39, sundulan bisa dilakukan Kaka, memanfaatkan sepak pojok. Bolanya masih menyamping ke sisi kanan gawang Myanmar. Masih gagal peluang Indonesia.

Pada menit ke-434, gawang Indonesia justru kebobolan. Kesalahan komunikasi di lini belakang, membuat kiper Andhika Fathur dan bek Indonesia berusaha berebut menghalau bola. Bola liar kemudian mendarat di kaki Nay Min Htet, yang tak terkawal, dan dengan mudah memasukkan bola ke gawang. Myanmar unggul 1-0, yang bertahan sampai jeda.

Babak kedua dimulai, Indonesia membuat dua pergantian. Habil Abdillah diganti Ridho Al Ikhsan, dan Narendra Tegar yang digantikan Figo Dennis Saputrananto. Pasukan Bima Sakti langsung menekan Myanmar.

Beberapa kali situasi corner dihasilkan Indonesia lewat sejumlah tekanan. Namun, tak ada yang bisa berbuah gol karena rapatnya lini belakang Myanmar.

Terus menekan, Indonesia akhirnya bisa mendapat gol penyeimbang di menit ke-69. Riski Afrisal yang menjebol gawang Myanmar, lewat sebuah tendangan bebas di depan kotak penalti. Sepakannya langsung mengirim bola bersarang ke gawang Sai Thi Ha Nang. Skor menjadi 1-1.

Skor imbang membuat laga berjalan ketat. Indonesia yang bersemangat menggempur Myanmar, yang mulai keteteran. Situasi berbahaya sempat diciptakan Indonesia, yang gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Pada menit ke-87, sebuah peluang emas didapat Indonesia. Nabil Asyura bisa membuat tendangan akrobatik saat meneruskan umpan lambung, namun bolanya masih membentur mistar atas gawang Myanmar. Laga akhirnya bertahan dengan skor 1-1, dan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Indonesia bisa unggul 5-4 atas Myanmar, usai satu penendang lawan yakni Shine Wanna Aung gagal menceploskan bola ke gawang Indonesia. Tuan rumah akhirnya menang 5-4 dan maju ke final.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Vietnam di babak puncak. Laga final Piala AFF U-16 2022 akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022).(dts/net)