Dilaporkan Nikah Tanpa Izin, Bupati Banyuasin: Ini Fitnah!

oleh
oleh

MUREKS.CO.ID – Bupati Banyuasin Askolani dilaporkan seorang perempuan asal Jakarta, Nova Yunita ke Polda Sumatera Selatan, dengan tuduhan menikah tanpa izin. Bupati Askolani melalui kuasa hukumnya menyebut laporan itu adalah fitnah yang luar biasa.

“Itu sangat dahsyat sekali, sungguh sangat luar biasa ini fitnah,” kata kuasa hukum Askolani, Dodi Irama ketika dimintai konfirmasi detikSumut, Senin (1/8/2022).

BACA JUGA : Jemaah Haji Sumsel Tiba di Palembang

Dodi juga menegaskan, semua keterangan dari pihak Nova selaku pelapor, itu tidaklah benar. Menurutnya nama baik Askolani telah dicemarkan dengan laporan itu.

“Itu termasuk pencemaran nama baik, menyerang kehormatan klien kami. Itu termasuk penyampaian pengaduan Keterangan palsu,” katanya.

Akan tetapi, Dodi membenarkan bahwa Askolani pernah menikahi Nova pada Desember 2014 lalu. Namun, katanya, pernikahan itu hanya nikah siri saja, bukan menikah secara resmi sesuai aturan Negara.

BACA JUGA : Dua Pesilat Muba Juara World Champions Pencak Silat di Malaysia

“Jadi begini, di 9 Desember 2014 itu klien kami memang ada pernikahan kepada saudara Nova itu nikah siri, nikah di bawah tangan. Bukan nikah resmi,” tuturnya.

Dodi menyebut terkait akta nikah dari KUA Kertapati itu, Askolani mengaku tidak tahu. Oleh karena itu, Askolani juga sudah pernah menggugat ke (Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan menurutnya, itu sudah dibatalkan dan dicabut.

“Untuk akta nikah itu klien kami tidak tahu-manahu segala macam, tiba-tiba itu ada dibuat muncul, mangkanya klien kami sudah melakukan gugatan di PTUN, itu (akte nikah) sudah dibatalkan dan itu sudah dicabut oleh KUA,” ungkapnya.

BACA JUGA : Gubernur Sosialisasikan Pemutihan Pajak Kendaraan di Anniversary ke-20  SMOC

Selain itu, terkait anak laki-laki inisial MR yang dilahirkan Nova pada 2015 itu, kata dia, meski hingga kini Askolani tidak mengakui itu anaknya, namun Askolani sempat menafkahinya hingga 2017.

“Hingga saat ini klien kita belum mengakui itu (MR) anaknya. Tapi selama anak itu lahir sampai 2017, klien kita memberikan nafkah untuk anak itu,” katanya.

Untuk membuktikan bahwa anak itu adalah anak Askolasi, dia telah mengirimkan sampel DNA. Namun Nova sendiri sampai saat ini belum mengirimkan sampel DNA-nya untuk diperiksa.

“Klien kita sudah kirimkan sample DNA untuk membuktikan itu anaknya dengan Nova, atau bukan. Tapi dari Novanya hingga saat ini belum ada mengirimkan sample DNA itu untuk diperiksa dan dipastikan kebenarannya,” imbuh Dodi.

BACA JUGA : Herman Deru Hadiri Pelantikan FAMS OKU Raya

Sebelumnya, seorang wanita asal Jakarta, Nova Yunita (42) yang mengaku sebagai istri sah Bupati Banyuasin Askolani mendatangi Polda Sumsel, Sabtu (30/7) siang. Kedatangan NOva yang didampingi kuasa hukumnya, guna melaporkan Askolani yang diduga telah menikah tanpa izin.

“Benar, kita melaporkan terkait hal itu (pernikahan tanpa izin). Laporannya juga sudah diterima di SPKT Polda Sumsel hari itu juga,” kata kuasa hukum Nova, Ana Ariyanto dikonfirmasi detikSumut, Senin (1/8/2022).

Menurutnya, Askolani dilaporkan karena telah menikahi wanita lain tanpa seizin Nova yang merupakan istri sahnya, pada Jumat 28 Juni 2019 yang lalu, di kawasan Demang Lebar Daun, Ilir Barat I, Palembang. Padahal, Askolani dan Nova telah resmi menikah dan itu tertuang dalan kutipan Akta Nikah Nomor :736/22/XII/2014, tanggal 3 Desember 2014 yang dikeluarkan oleh KUA Kertapati.

Dari pernikahan itu, Nova dan Askolani juga telah dikaruniai seorang anak laki-laki inisial MR yang lahir di Jakarta pada 7 September 2015 yang lalu.

“Iya semua itu benar, itu sudah sesuai tertuang dalam akta nikah dan akte lahir anak itu bahwa terlapor merupakan Askolani yang merupakan Bupati Banyuasin saat ini,” ungkap Ariyanto.

Terkait kedatangan Nova yang mengaku sebagai istri sah Askolani bersama kuasa hukumnya itu, Polda Sumsel juga membenarkan.

“Iya informasinya seperti itu, wanita itu mendatangi SPKT mengaku sebagai istri sahnya beliau (Bupati Askolani),” kata Kasubbid Penmas Humas Polda Sumsel AKBP Erlangga dikonfirmasi detikSumut, Senin (1/8/2022).

(dpw/dpw/detikcom)