81 Peserta Ikuti Diklatsar Kokam

oleh
oleh

MUSI RAWAS,MUREKS.CO.ID- Mewujudkan militansi kader yang tangguh, sebanyak 81 peserta yang berasal dari Kecamatan, Amal Usaha dan juga Sekolah mengikuti  Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) Musi Rawas (Mura).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Mura, Hj Ratna Machmud tersebut dipusatkan di Kompleks Kampus Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera (ITMS) di Desa D Tegalrejo Kecamatan Tugumulyo, Jumat (29/07/2022).

Selain Bupati , kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Mura, Purwanto, Rektor ITMS, Triyono dan Ketua Pemuda Muhammadiyah, Imam Wahyudi serta jajaran OPD terkait lainnya di lingkungan Pemkab Mura.

Dalam laporannya, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Mura, Purwanto mengatakan, kegiatan Diklatsar Kokam ini dilaksanakan setiap tahun secara bertahap dan berjenjang. Tujuannya untuk mewujudkan militansi kader yang tangguh dan berwibawa untuk peradaban Islam.

“Pemuda Muhammadiyah harus tampil dan menjaga semangat keMuhamadiyahan, mempunyai sikap integritas yang tinggi, karena Pemuda Muhammadiyah ini sebagai pelopor dan mengambil bagian membangun negeri ini,” katanya.

Dia berharap, setelah mengikuti Diklatsar Kokam, pemuda Muhammadiyah harus selalu siap menjadi penjaga amanah Pancasila, menjaga UUD 1945 dan menjaga NKRI dan Kebhinekaan, serta menjadi penjaga nilai Ukhuwah Islamiah dan Wathaniyah.

“Meraka adalah aset dan investasi yang berharga untuk ikut andil pembangunan Kabupaten Mura dimasa datang. InsyaAllah, mereka akan menjadi insan yang mandiri, tangguh tidak cengeng serta mampu berwirausaha,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Mura, Imam Wahyudi mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti Diklatsar Kokam ini sebanyak 81 orang dari Kecamatan, Amal Usaha dan juga ada yang dari perwakilan sekolah.

“Untuk peserta ini ada yang masih pelajar SMA, ada yang sudah S1 dan S2, ada juga yang kandidat dokter yang masih aktif di organisasi Muhammadiyah,” kata Imam.

Imam menyampaikan, bahwa sampai saat Kokam masih menjadi pilar bangsa Indonesia. Untuk itu, patut berbangga, kita bisa berseragam Kokam. Kokam adalah gerakan milenial yang anti narkoba, dan Kokam siap menolak segala sesuatu yang sifatnya negatif.

Ditempat yang sama, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengucapkan selamat dan terimakasih kepada pengurus PD Muhammadiyah Kabupaten Mura yang telah menyelenggarakan kegiatan Diklatsar Kokam ini.

“Semoga para kader Kokam dapat menyerap ilmu dengan baik dan dapat diamalkan. Walaupun setelah Diklatsar masih perlu pendampingan dari senior agar ilmu tidak hilang,” kata Bupati.

Bupati juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pengurus PD Muhammadiyah Kabupaten Mura yang ikut berperan aktif mensukseskan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura untuk mewujudkan Mura Mantab.

“Saya berharap Muhammadiyah bisa menciptakan rekomendasi yang bermanfaat bagi masyarakat, wujudkan struktur yang kokoh dan handal, dan menjaga hubungan yang baik dan harmonis,” tutup Bupati. (kom)